Lebih dari 5 Ribu Pegawai Kementerian ESDM Ikuti Vaksinasi Covid-19

Senin, 15 Maret 2021 | 08:55 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

SIARAN PERS

NOMOR: 091.Pers/04/SJI/2021

Tanggal: 14 Maret 2021

Lebih dari 5 Ribu Pegawai Kementerian ESDM Ikuti Vaksinasi Covid-19

Hari ini, Minggu (14/3) merupakan hari ketiga pelaksanaan vaksinasi massal keluarga besar Kementerian Energi Dan sumber Daya Mineral (ESDM). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini adalah untuk mendukung program vaksinasi nasional dan membentuk herd immunity.

"Kementerian ESDM, didukung Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan rumah sakit di sekitar kantor Kementerian ESDM menyelenggarakan vaksinasi massal untuk sekitar 5.500 pegawai di Kementerian ESDM yang wilayah kerjanya di DKI Jakarta," ungkap Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Kementerian ESDM Upik Jamil.

Tujuan untuk pelaksanaan vaksinasi, dijelaskan Upik adalah untuk membentuk herd immunity, kekebalan massal dari seluruh pegawai Kementerian ESDM.

Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan selama 5 hari, sejak Jumat tanggal 12 lalu hingga 16 Maret 2021 mendatang, diikuti sekitar 5.198 orang, terdiri dari Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah Non PNS (PPNPN) serta tenaga outsourcing.

"Sebelum dilakukan vaksinasi telah dilakukan sosialisasi kepada seluruh pimpinan unit dan Pegawai, diinformasikan terkait pelaksanaan program vaksinasi tersebut. Strategi pelaksanaan kegiatan ini dilakukan rata-rata 1.000 pegawai per hari sehingga dalam waktu lima hari program ini selesai. Hingga memasuki hari ketiga ini, semua program berjalan lancar," jelas Upik.

Hari pertama kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh para Pimpinan Tinggi, Staf Khusus Menteri, Tenaga Ahli, Anggota Komite BPH, APK DEN dan dilanjutkan dengan pegawai.

Dengan melibatkan sekitar 120 tenaga kesehatan, termasuk tim kesehatan Kementerian ESDM, pelaksanaan vaksinasi ini difasilitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan beberapa rumah sakit rujukan, yaitu RS Abdi Waluyo, RS PGI Cikini, RSUD Tarakan dan RS Johar.

Sementara itu, Yuni, salah seorang anggota tim monitoring Kementerian Kesehatan yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan hari ini mengatakan, Kementerian Kesehatan terus melakukan pendampingan dan memonitor jalannya kegiatan vaksinasi di kementerian/lembaga dengan mengirimkan tim terkait pelaksanaan vaksinasi.

"Kementerian Kesehatan membentuk tiga tim untuk memantau pelaksanaan vaksinasi di lingkungan Kementerian/Lembaga. Tim tersebut bertugas memberikan pendampingan dan memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan oleh kementerian dan lembaga. Seperti misalnya pengolahan limbah medis paska vaksinasi dan bantuan logistik lainnya," jelas Yuni. (SF)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

 


Contact Center