Aplikasi Sinergi Raih Top 45 Inovasi Pelayanan Publik Terpuji 2021

Kamis, 29 Juli 2021 | 18:05 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA – Inovasi layanan publik Kementerian ESDM melalui Aplikasi Sistem Informasi Konservasi Energi(SINERGI) berhasil meraih predikat Top 45 Inovasi Layanan Publik Terpuji 2021, pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2021. Hal ini diumumkan secara langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melalui Youtube Live hari ini, Kamis (29/7).

“Kompetisi ini bukanlah tujuan akhir inovasi, KIPP hanyalah salah satu sarana menjaring, mendokumentasikan, dan mempromosikan inovasi serta memotivasi penyelenggara pelayanan publik”, ujar Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalis.

Pada kegiatan ini, Kemenpan-RB mengumumkan 55 inovasi terbaik yang terdiri atas 45 Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, Top 5 Replikasi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021, dan 5 Pemenang Outstanding Achievement of Public Service Innovation 2021. Hasil dari KIPP ini nantinya akan dilombakan di tingkat internasional, yakni United Nations Public Service Awards (UNPSA) yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sementara bagi pemerintah daerah yang inovasinya masuk menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji, akan mendapat hadiah berupa Dana Insentif Daerah (DID).

Aplikasi Sinergi merupakan hasil pengembangan inovasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Aplikasi ini berbasis website untuk menyajikan informasi beragam dan dapat diakses cepat terkait Konservasi Energi di Indonesia. Website Sinergi menjadi platform lengkap dalam yang menyatukan beberapa aplikasi pelaporan terkait Konservasi Energi, yaitu Pelaporan Online Manajemen Energi (POME), Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE), hingga Peralatan Berlabel Hemat Energi.

Inovasi Sinergi tembus mewakili Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang lolos seleksi dari 1.619 proposal inovasi pelayanan publik dari Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah, menjadi Finalis Top 99 Inovasi Layanan Publik. Untuk selanjutnya memasuki tahap presentasi dan wawancara di hadapan Tim Panel Independen (TPI) selama 20 menit secara virtual. Direktur Jenderal EBTKE, Dadan Kusdiana hadir mempresentasikan Aplikasi Sinergi, dengan didukung oleh kehadiran Menteri ESDM pada Juni lalu, hingga membuahkan hasil terpilih menjadi salah satu inovasi layanan publik terpuji 2021.

Sinergi menjadi simpul media yang menjembatani Pemerintah dengan pihak-pihak berkepentingan khususnya pengguna energi untuk saling berbagi informasi dan menjawab permasalahan dalam penerapan sehingga kebijakan konservasi dan efisiensi energi dapat diimplementasikan secara masif. (DLP)


Contact Center