Panduan Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung

Selasa, 14 Desember 2021 | 11:25 WIB | Humas EBTKE

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Buku Panduan Perencanaan PLTS Terapung telah selesai disusun. Buku Panduan ini memberikan referensi dan rujukan kepada pengembang PLTS Terapung seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, instansi terkait lainnya, dan pengembang swasta dalam menyusun dokumen perencanaan dalam kegiatan pembangunan PLTS Terapung.

Saat ini, perencanaan PLTS Terapung di Indonesia mulai marak dilaksanakan. Dengan perencanaan yang baik dan berwawasan lingkungan, diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap proyek serta keberlanjutan PLTS Terapung dapat dijamin.

Buku panduan ini mengambil referensi dari dokumen-dokumen internasional, tetapi dalam penyajiannya sudah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia, selain itu ditambah antara lain dengan potensi PLTS Terapung di Indonesia serta peraturan-peraturan terkait pengembangan PLTS Terapung. Dokumen ini ditargetkan untuk pihak-pihak yang akan membuat perencanaan PLTS Terapung dan telah memiliki kemampuan dasar terkait PLTS secara umum.

Akhir kata, kami mengucapkan terima kasih atas bantuan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB) Jerman serta kerjasama seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan buku panduan ini dan kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada hal yang kurang di dalam buku ini. Semoga buku ini dapat memberikan maanfaat bagi seluruh stakeholder khususnya dan bagi semua pihak dari segala lapisan yang membutuhkan. Masukan dan saran untuk penyempurnaan buku panduan ini sangat kami harapkan.

Jakarta, November 2021

Tim Penyusun

*Unduh Buku Panduan pada tautan ini


Contact Center