Tiga Unit Kerja Kementerian ESDM Raih Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK Tahun 2021

Senin, 20 Desember 2021 | 15:45 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 467.Pers/04/SJI/2021

Tanggal: 20 Desember 2021

Tiga Unit Kerja Kementerian ESDM Raih Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK Tahun 2021

Tiga unit kerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meraih Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Ketiga unit tersebut adalah Direktorat Pembinaan Program Mineral dan Batubara, Direktorat Panas Bumi, serta Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma'ruf Amin, dalam sambutannya secara virtual, mengatakan agar komitmen pemberantasan korupsi tidak berhenti pada hal-hal yang bersifat seremonial ataupun administratif. Roadmap reformasi birokrasi, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), pakta integritas, maupun anugerah WBK dan WBBM, seluruhnya harus termanifestasikan dalam budaya kerja organisasi dan pelayanan publik yang prima.

"Segala upaya nyata harus terus diselenggarakan oleh unit-unit kerja di bawah K/L dan Pemda agar masyarakat dapat menikmati beragam pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, murah, dan inklusif. Saat ini adalah kesempatan yang baik sebagai momentum introspeksi bagi seluruh pemangku kepentingan untuk terus berbenah memperbaiki kualitas karakter diri dan organisasi," tuturnya, Senin (20/12).

Pada kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa reformasi birokrasi adalah katalisator mewujudkan good and clean governance untuk mendukung pembangunan nasional.

"Di mana good and clean governance itu katalisatornya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel, dan pelayanan publik yang prima. Presiden Joko Widodo meminta bagaimana perizinan bisa cepat, pelayanan publik bisa cepat, dan bagaimana birokrasi yang singkat, itu harus bisa dipangkas," lanjut Tjahjo.

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial memberikan apresiasinya kepada unit kerja peraih Penghargaan dan berharap agar prestasi tersebut dapat terus dipertahankan di masa mendatang.

"Saya ucapkan selamat kepada ketiga unit kerja di Kementerian ESDM yang meraih Penghargaan Zona Integritas Menuju WBK. Ini merupakan bukti nyata bahwa reformasi birokrasi berjalan dengan baik. Selanjutnya, diharapkan capaian ini dapat menjadi motivasi kepada unit kerja lainnya di Kementerian ESDM dapat meraih predikat ini," ujar Ego.

Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM merupakan bagian integral dari pelaksanaan Reformasi Birokasi di lingkungan Kementerian ESDM. Oleh karena itu, Kementerian ESDM terus berinovasi dan melaksanakan program-program perbaikan untuk meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat yang bebas korupsi.

"Kementerian ESDM senantiasa adaptif terhadap perkembangan pelayanan publik di era digital. Untuk itu pelayanan publik yang bersih, cepat, dan bebas dari korupsi harus menjadi budaya. Bersamaan dengan kondisi pandemi Covid-19, sistem digital juga bertujuan meminimalisasi pertemuan antara pegawai pelayanan dengan masyarakat. Peningkatan kompentensi pelaksana terus dilakukan, agar dapat memberikan pelayanan prima," jelas Ego. (DKD/RZ)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center