Wujudkan Manajemen Perubahan, Dirjen EBTKE Dorong Pegawai Lakukan Eksplorasi Core Values ASN

Kamis, 27 Januari 2022 | 08:45 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA - Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Dadan Kusdiana menekankan core values Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diluncurkan Presiden Joko Widodo Juli 2021 lalu dapat dieksplorasi lebih jauh, sebagai salah satu upaya mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Ditjen EBTKE. Hal tersebut disampaikan Dirjen Dadan saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Core Values ASN Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT) dan Pemberian Penghargaan Pegawai Berprestasi DEA Tahun 2021 pada Rabu (26/1).

“Upaya untuk WBK WBBM bagus dan penting, sebagai insan EBTKE, kita harus terus improve. Dari beberapa indikator, misalnya berAKHLAK, kita kaitkan implementasi core values tersebut pada pembuktian kinerja yaitu mega watt hour yang bagus,” ujar Dadan. Karena dalam proses itu, lanjutnya, penting adanya kinerja dan hal fundamental seperti SOP, regulasi dan hal lain pendukung dapat dipersiapkan dengan baik dan bersifat dinamis serta dapat ditempatkan di mana saja.

Nilai – nilai dasar (core values) ASN BerAKHLAK yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif, dilengkapi dengan employer branding ASN "Bangga Melayani Bangsa”. Hal ini merupakan upaya penguatan budaya kerja dan strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government). Core Values ASN BerAKHLAK mencerminkan nilai – nilai dasar ASN yang diatur oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, dan selaras dengan nilai – nilai KESDM sebelumnya (Jujur, Profesional, Melayani, Inovatif dan Berarti).

Dalam arahannya, Dadan mendorong pegawai di lingkungan Direktorat Aneka EBT untuk lebih responsif terhadap perubahan dan terus melakukan inovasi.

“Kita harus lebih responsif terhadap perubahan karena sekecil apapun upaya kita untuk improve kapasitas internal kita sangat penting dan harus kita dorong dan apresiasi sama-sama. Harapannya menjadi role model Direktorat lain, dengan menggunakan cara-cara yang inovatif. Kita juga harus lebih smart dalam penyusunan regulasi EBT,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Dirjen Dadan menyerahkan sertifikat penghargaan dan lukisan karikatur kepada Suwondho Arie Prayudho, Analis Program dari Kelompok Penyiapan Program Aneka EBT, yang terpilih sebagai Pegawai Berprestasi Terbaik Direktorat Aneka EBT Tahun 2021. Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan menciptakan iklim kompetisi yang positif dalam rangka meningkatkan kinerja baik tingkat personil maupun tingkat Direktorat. (RWS/DLP)


Contact Center