G20pedia - Informasi dan Tanya Jawab Seputar G20

Senin, 21 Maret 2022 | 10:10 WIB | Humas EBTKE

Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 secara resmi dimulai pada 1 Desember 2021. Ini menjadi salah  satu peristiwa bersejarah karena merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia  untuk menerima tampuk Presidensi G20 yang sebelumnya dipegang Italia.

Secara umum, dengan dipegangnya tongkat Presidensi G20 oleh Indonesia diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, bahwa Indonesia adalah negara besar yang keberadaannya sangat diperhitungkan oleh negara-negara lain di dunia.

Dalam sambutannya pada acara Opening Ceremony Presidensi G20 Indonesia yang digelar di Lapangan Banteng, Jakarta, pada 1 Desember 2021, Presiden Joko Widodo menginginkan agar Presidensi G20 Indonesia tidak sebatas seremonial belaka.

Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Group of Twenty atau G20, khususnya Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika menerbitkan buku elektronik berisi informasi dan tanya-jawab seputar G20, yang diberi nama G20pedia. Penjelasan dalam G20pedia juga lebih membumikan istilah- istilah teknis dan teknokratis yang banyak dipergunakan dalam G20 agar lebih dipahami masyarakat

Ada pendapat umum bahwa G20 itu adalah isu elitis, isu yang tidak terjangkau oleh masyarakat. Oleh karena itu, G20pedia yang tersedia dalam bentuk e-book tujuannya adalah untuk membumikan G20. Agar G20 gampang dimengerti dan dipahami oleh masyarakat. Menjadi isu milik bersama, milik akar rumput, milik masyarakat.

Informasi yang disajikan dalam G20pedia terbagi dalam dua tema besar, yakni Sekilas G20 dan Presidensi G20 Indonesia. Tema Sekilas G20 membahas informasi seputar anggota, peran, agenda, hingga pentingnya keberadaan G20. Sementara pada tema Presidensi G20 Indonesia menekankan pada informasi seputar kiprah Indonesia di G20, isu prioritas yang diusung, hingga manfaat yang didapatkan Indonesia selama menjabat sebagai Presidensi G20.

Buku elektronik G20pedia juga tersedia dalam edisi bahasa Inggris dan dapat menjadi salah satu rujukan bagi media massa dan masyarakat dalam mencari informasi tentang seluruh rangkaian kegiatan G20 di bawah Presidensi Indonesia. Sifatnya yang merupakan living document atau dokumen hidup, memungkinan perubahan isi buku secara terus-menerus sesuai dinamika pelaksanaan agenda Presidensi G20.

Masyarakat atau publik dapat mengakses G20pedia setiap saat melalui tautan linktr.ee/g20pedia. G20pedia dapat dibaca secara online maupun mengunduhnya. Selain G20pedia, pada tautan juga dapat diakses berbagai informasi seputar G20 pada laman resmi G20 (www.g20.org).

Tautan G20pedia versi Bahasa : G20pedia - bahasa

Link G20pedia English version : G20pedia - English

 


Contact Center