Kementerian ESDM Jamu Delegasi Forum ETWG Makan Malam di Prambanan

Jumat, 25 Maret 2022 | 08:40 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 126.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 25 Maret 2022

Kementerian ESDM Jamu Delegasi Forum ETWG Makan Malam di Prambanan

 

Setelah melaksanakan sidang hari pertama Energy Transitions Working Group (ETWG) Presidensi G20 Indonesia, para delegasi yang menghadiri sidang secara fisik dijamu untuk makan malam dan menikmati pertunjukan budaya di area Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Menteri ESDM Arifin Tasrif, pada welcoming speech, mengucapkan terima kasih kepada para delegasi atas kerja keras dan kerja sama yang telah dilakukan pada sidang forum ETWG.

"Hari ini kita sudah bekerja keras. Kita telah melewati tantangan yang terbesar. Terima kasih atas diskusi yang membangun dan kerja sama Anda semua," tutur Arifin.

Arifin mengaku memilih beberapa lokasi sebagai tuan rumah forum ETWG untuk mengenalkan budaya dan sejarah Indonesia kepada para delegasi.

"Selama persiapan program ini, kami memilih beberapa lokasi untuk mengenalkan budaya dan sejarah kepada para delegasi. Untuk forum ETWG yang pertama, kami memilih Yogyakarta. Di belakang saya, berdiri Candi Prambanan yang dibangun pada abad ke-9," ujar Arifin, Kamis malam (24/3).

Kepada para delegasi, Arifin bercerita bahwa Presidensi G20 Indonesia menitikberatkan tidak hanya pada jalannya konferensi namun juga wisata setelahnya.

"Setelah ETWG 1 di Yogyakarta ini, kami akan mengundang para delegasi negara anggota G20 menjalani sidang ETWG 2 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Lokasi itu terkenal dengan pemandangannya yang indah. Di sana para delegasi juga dapat melihat reptil besar, Komodo," lanjutnya.

Bagi Indonesia, Presidensi G20 merupakan momentum untuk membangkitkan pariwisata dan Usaha Kecil, Mikro, dan Menengah (UMKM).

"Ini adalah alasan mengapa kami menjamu delegasi di beberapa lokasi berbeda," tandasnya.

Sebelum santap malam, para delegasi disuguhi tarian indah Sendratari Ramayana yang diangkat dari kisah Ramayana dan telah dipertunjukkan di Candi Prambanan sejak tahun 1961. (DKD)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center