Departemen Public Relations Kementerian ESDM Raih Gold Winner pada PR Indonesia Awards 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 | 09:00 WIB | Humas EBTKE

 

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 129.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 25 Maret 2022

Departemen Public Relations Kementerian ESDM Raih Gold Winner pada PR Indonesia Awards 2022

Kembali menaiki panggung kemenangan penghargaan prestisius Public Relations Indonesia Awards (PRIA), tahun 2022 ini Departemen PR (Public Relations)/ Humas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali meraih Gold Winner Departemen PR Terbaik untuk kategori Kementerian. Kriteria penilaian dalam kategori ini meliputi Struktur Organisasi PR, Portofolio Program PR, Pencapaian/Hasil Program, serta Penghargaan yang dicapai level nasional maupun internasional baik individu maupun tim.

Selain penghargaan tersebut, Kementerian ESDM juga meraih 3 penghargaan dari berbagai kategori lainnya, yakni Media Sosial Terbaik (Bronze Winner), Media Cetak Terbaik (Bronze Winner) - Hilir Migas Edisi 32 Tahun 2021 (BPH Migas), dan e-Magazine Terbaik (Bronze Winner) - Buletin Cikini Edisi II - Juni 2021 (Ditjen EBTKE).

Keempat penghargaan ini menjadi estafet capaian yang terus dipertahankan Kementerian ESDM dalam kinerja komunikasi dan pengelolaan layanan publik.

"Memperkuat organisasi dengan terus berinovasi dan menciptakan program-program yang kreatif menjadi pangkah kami untuk tetap menjadi ujung tombak komunikasi Pemerintah khususnya Kementerian ESDM kepada publik," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi usai diumumkannya Penghargaan PRIA 2022 yang dilangsungkan di Semarang, Rabu (25/3).

Agung menambahkan, di tengah pandemi kegiatan komunikasi memang menjadi lebih terbatas, mengingat saat ini fokus Pemerintah lebih banyak dimanfaatkan untuk penanggulangan Covid-19. Agung juga sangat bersyukur tim komunikasi ESDM tetap berjalan baik sehingga dapat diapresiasi oleh tim juri.

"Kami terus mendorong agar ASN dapat bekerja kreatif sehingga upaya yang dilakukan dapat tetap maksimal, dan beruntung saat ini pandemi terkendali sehingga lebih banyak program komunikasi yang dapat dikolaborasikan" imbuhnya.

Menurut Agung, media sosial juga menjadi salah satu kanal komunikasi yang efektif dalam sosialisai program kepada generasi muda. Informasi teknis dikemas secara menarik, dengan mengikuti trend yang sedang digandrungi anak muda sehingga lebih mudah diterima. "Tim kreatif kami sangat memperhatikan kekinian informasi dan minat anak muda sehingga konten yang dihasilkan juga jauh dari kesan kaku dan birokratis," jelas Agung.

Dengan memanfaatkan media sosial Kementerian ESDM melibatkan anak muda berkontribusi di sektor energi bersih yang berdampak langsung untuk masyarakat, salah satunya melalui program Gerilya. "Program Gerilya merupakan salah satu kebanggaan kami, karena pada Gerilya Batch 1 telah berkontribusi membantu proses instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap baru lebih dari 2,3 Mega Watt Peak (MWp) selama 6 bulan," tambah Agung.

Tak cukup di situ, terobosan juga dilahirkan oleh Kementerian ESDM melalui berbagai unit kerja di Kementerian ESDM dapat mengoptimalkan kanal media cetak dan digital yang dikemas menarik dalam mensosialisasikan kebijakan dan edukasi masyarakat

Kementerian ESDM juga terus melakukan integrasi berbagai kanal layanan (Lapor, PPID hingga Contact Center 136) dan meningkatkan rata-rata waktu penyelesaian permohonan infomasi lebih cepat menjadi hanya 5 hari. Kementerian ESDM juga tetap akses luas kepada masyarakat maupun stakeholder dengan terus memberikan update siaran pers pada laman resmi esdm.go.id.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi seluas-luasnya kepada semua juri dan penyelenggara PRIA 2022. Semoga kami dapat terus berkreasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," pungkas Agung. (KA)

 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center