Pilihan Teknologi Untuk Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (POME) di Indonesia 2021

Senin, 6 Juni 2022 | 11:05 WIB | Humas EBTKE

TENTANG KATALOG

Katalog teknologi ini menampilkan enam bidang teknologi untuk pengolahan dan pemanfaatan POME, yaitu pemanfaatan biogas, pengolahan sampah dan lumpur, produksi kompos dan pupuk, produksi biochar, produksi suplemen pakan ternak, dan proyek hidrogen ramah lingkungan. Bidang teknologi pemanfaatan biogas selanjutnya dibagi menjadi empat bidang teknologi, yaitu sistem pembangkit listrik tenaga biogas, scrubber biogas, sistem upgrading biogas, dan biogas untuk transportasi. Untuk setiap area dan bidang teknologi, katalog ini memberikan gambaran umum tentang proses yang melibatkan POME, ringkasan informasi keekonomian, manfaat umum, peluang, dan tantangan, serta potensi pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK), jika memungkinkan. Informasi tentang penyedia teknologi menampilkan ringkasan kelayakan teknis teknologi dan model skema kerja sama proyek. Satuan yang digunakan dalam katalog ini merujuk pada sistem Satuan Internasional (SI).

Bidang teknologi yang ditampilkan dalam katalog ini dipilih sebagai tanggapan atas kebutuhan teknologi yang diungkapkan selama wawancara secara satu per satu terhadap 14 pabrik kelapa sawit di Indonesia. Penyedia teknologi yang tercantum dalam katalog ini adalah perusahaan yang memiliki solusi potensial untuk kebutuhan teknologi tersebut, yang dikembangkan dan/ atau diterapkan di Indonesia, dan merupakan teknologi inovatif untuk meningkatkan keberlanjutan industri kelapa sawit. Para penyedia teknologi dipilih berdasarkan tanggapan mereka terhadap kuesioner, partisipasi dalam FGD (Focus Group Discussion), beserta informasi yang diperoleh melalui wawancara dan korespondensi email. Setiap teknologi yang ditampilkan bertujuan untuk mengurangi emisi GRK melalui pengolahan POME dan beberapa opsi menunjukkan dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai tambah dari POME, seperti pembangkitan energi terbarukan untuk menggantikan konsumsi bahan bakar fosil, kompos untuk menggantikan pupuk kimia, atau produk sampingan berharga lainnya.

Informasi lebih lanjut, serta informasi kontak, untuk setiap penyedia dan teknologi yang tercantum dalam katalog ini, serta penyedia dan teknologi lain yang tidak ditampilkan dalam katalog, dapat ditemukan di basis data WIPO GREEN. Basis data WIPO GREEN adalah platform daring untuk percepatan adaptasi, adopsi, dan penyebaran solusi teknologi ramah lingkungan, yang menghubungkan para pencari teknologi dan penyedia layanan. Setiap deskripsi teknologi menyertakan nomor ID basis data WIPO GREEN di bagian atas halaman, yang dapat digunakan untuk mengakses informasi teknologi di dalam basis data WIPO. Semua kebutuhan dan teknologi yang diidentifikasi juga dapat ditemukan dalam bagian Koleksi POME Indonesia di halaman basis data WIPO. Kebutuhan teknologi dan penyedia teknologi lain dapat menggunggah informasinya ke basis data WIPO GREEN.

Katalog dapat diunduh pada tautan berikut: Katalog Pilihan Teknologi Pengolahan dan Pemanfaatan POME di Indonesia 2021


Contact Center