Menteri ESDM: Pemerintah Dukung Penyediaan Energi Melalui People Energy Transition

Senin, 29 Agustus 2022 | 15:50 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA – Kementerian ESDM sangat mendukung upaya penyediaan energi bersih yang terjangkau untuk masyarakat, sekaligus mendorong peran aktif dan peningkatan kemampuan sosial ekonomi masyarakat setempat. Hal ini disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif, saat membuka Seminar Nasional Patriot Energi Tahun 2022 pada Senin (29/8) secara virtual.

“Kementerian ESDM sangat mendukung penyediaan energi yang berpusat kepada manusia “people energy transition”. Tidak hanya mencakup penyediaan energi bersih tetapi juga mengupayakan penyediaan kesempatan kerja dan keterampilan, peningkatan pembangunan sosial dan ekonomi, kesetaraan dan keadilan serta melibatkan masyarakat secara aktif,” tutur Arifin.

Dalam akses penyediaan bersih, lanjut Arifin, Kementerian ESDM telah membangun sejumlah infrastruktur Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT), terutama di daerah terdepan, terluar, tertinggal dan wilayah transmigrasi. Adapun infrastruktur dimaksud dalam bentuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Mikrohidro, hydrid, biomassa, penyediaan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dengan menggunakan dana APBN maupun Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Keterlibatan masyarakat dan Pemerintah Daerah sangat krusial dalam pembangunan infrastruktur EBT, penggunaan teknologi tepat guna serta menjaga aspek keberlanjutan dari infrastruktur-infrastruktur tersebut,” tandasnya.

Pada kesempatan ini, Arifin mengungkapkan masih terdapat 0,8 persen masyarakat yang belum menikmati listrik dan diupayakan mendapat pasokan listrik yang lebih handal dan berkelanjutan. Upaya peningkatan EBT dan perluasan akses energi terhadap masyarakat perlu dukungan dan partisipasi dari semua pihak termasuk generasi muda Indonesia.

“Dalam upaya melibatkan generasi muda, Kementerian ESDM telah melaksanakan program Patriot Energi bekerja sama dengan Yayasan IBEKA, dengan tujuan mendorong generasi muda dalam pendampingan, pembangunan dan pengelolaan pembangkit EBT secara berkelanjutan melalui pemanfaatan EBT setempat untuk memberikan akses listrik kepada masyarakat dengan handal dan kontinu,” terang Arifin.


Contact Center