Apresiasi Kontribusi Badan Usaha Bioenergi, Kementerian ESDM Beri Penghargaan Subroto

Rabu, 2 November 2022 | 09:05 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 421.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 1 November 2022

Apresiasi Kontribusi Badan Usaha Bioenergi, Kementerian ESDM Beri Penghargaan Subroto

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) kembali menyelenggarakan Penghargaan Subroto Bidang Bioenergi Tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi kontribusi badan usaha bioenergi. Penghargaan ini sekaligus mendorong peran Badan Usaha Bioenergi dalam mengelola produksi dan menerapkan ketentuan kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan secara baik sehingga dapat tercipta kegiatan penyediaan dan pemanfaatan bioenergi yang aman, andal, efektif, efisien dan ramah lingkungan.

Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengapresiasi kepada para penerima penghargaan yang telah berkontribusi dalam memanfaatkan, mengembangkan serta memajukan bioenergi. "Alhamdulillah, terima kasih Bapak Ibu sekalian atas upaya yang sama-sama kita rintis, kembangkan dengan berbagai macam tantangan dan sekarang sudah membuahkan hasil yang sangat baik, berkontribusi bagi energi maupun lingkungan," ujar Dadan mengawali sambutannya di IPB Convention Center, Bogor, Selasa (1/11).

Menurut Dadan, kontribusi bioenergi tahun ini berada di sekitar 10,4 juta KL atau setara dengan 200 ribu barel setara minyak per hari (barrel oil equivalent per day/boepd). Hal tersebut sangat membantu jika melihat produksi dan konsumsi minyak dalam negeri saat ini.

"Kami mengkaji, bagaimana kalau konflik Rusia - Ukraina mengakibatkan supply BBM kita terganggu. Karena kita menggunakan sekitar 1,5 juta barrel oil dan di dalam negeri memproduksi 620 ribu. Dengan produksi kita (bbn) tahun ini yang setara dengan 200 ribu barel, jika ditotal dengan produksi minyak dalam negeri menjadi sekitar 800 ribu maka kita berkontribusi 25 persen terhadap produksi dalam negeri," terang Dadan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bioenergi Edi Wibowo dalam laporannya mengungkapkan Penghargaan Subroto Bidang Bioenergi Tahun 2022 ini merupakan perhelatan kali yang kedua. Penghargaan Bioenergi pertama kali diadakan tahun 2021 dengan kategori kinerja Badan Usaha (BU) Bahan Bakar Nabati (BBN) dalam Penyaluran BBN Jenis Biodiesel dan kemudian bertambah satu kategori pada tahun 2022, yaitu kinerja pengembang pembangkit listrik bioenergi.

"Penghargaan Subroto Tahun 2022 bidang Bioenergi kali ini terdiri dari 2 kategori yaitu penilaian kinerja Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BU BBN) dalam penyaluran BBN Jenis Biodiesel dan penilaian kinerja Pengembang Pembangkit Listrik (PPL) Bioenergi", ungkap Edi.

Jumlah Badan Usaha yang mengikuti kegiatan penilaian kinerja dan telah dilakukan penilaian oleh Tim Penilai yaitu sebanyak 17 (tujuh belas) BU BBN dan 4 (empat) PPL Bioenergi.

"Berdasakan hasil penilaian administratif hanya terdapat 7 BU BBN yang memenuhi nilai ambang batas bawah untuk dapat dilakukan penilaian lapangan. Adapun PPL bioenergi tidak ada yang memenuhi nilai ambang batas. Faktor utama yang menyebabkan badan usaha tidak memenuhi ambang batas administrasi adalah data dukung yang kurang dan atau data dukung tidak sesuai kriteria penilaian," lanjut Edi.

Sebagai informasi, piagam penghargaan diberikan kepada peraih Aditama, Utama, dan Pratama, sedangkan Piagam dan Trofi hanya diberikan kepada peraih Aditama dengan nilai tertinggi. Berikut adalah daftar nama-nama pemenang:

1. PT. SMART Tbk dengan penghargaan Piagam Aditama dan Piala

2. PT. Wilmar Nabati Indonesia dengan penghargaan Piagam Utama

3. PT. Wilmar Bioenergi Indonesia dengan penghargaan Piagam Utama

4. PT. Kutai Refinery Nusantara dengan penghargaan Piagam Utama

5. PT. LDC Indonesia dengan penghargaan Piagam Utama

6. PT. Musim Mas dengan penghargaan Piagam Utama

7. PT. Pelita Agung Agrindustri dengan penghargaan Piagam Pratama. (NAL)

 Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center