Public Hearing Panduan Pengelolaan Limbah PLTS

Senin, 28 November 2022 | 18:30 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA – Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) melalui Direktorat Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBT) menggelar kegiatan Public Hearing terkait panduan pengelolaan limbah bahan beracun dan berbahaya (B3). Kegiatan yang dilaksanakan secara daring dan luring ini, bertujuan untuk mendapatkan pandangan dan masukan dari berbagai sektor.

“Kami sebagai unit yang menjalankan tugas dan fungsi berkaitan dengan pengembangan EBT, dibantu Komite Teknis 27-08 Energi Surya dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tengah menyusun SNI dan panduan yang lebih praktis terkait energi surya. Proyek PLTS yang dilaksanakan dari tahap awal, dari mulai hulu hingga hilir perlu memperhatikan dampak lain dari pembangungan PLTS khususnya terkait limbah”, ungkap Andriah Feby Misna, Direktur Aneka EBT di hadapan sekitar 80 peserta kegiatan pekan lalu (Selasa, 22/11).

Lebih lanjut ,Feby menjelaskan bahwa target kapasitas PLTS dalam RUPTL sebesar 4,6 GW PLTS pada tahun 2030 dan dalam peta jalan Net Zero Emission (NZE) sekitar 400 GW pada tahun 2060.  Sementara itu, proses pemanfaatan energi surya sebagai energi listrik dimulai dari tahap perencanaan, tahap pra kontruksi, tahap konstruksi, tahap operasi dan terakhir tahap pasca operasi, dimana masing-masing tahap memiliki pengaruh terhadap lingkungan.

 

“Melalui public hearing hari ini, Direktorat Jenderal EBTKE mengajak stakeholder terkait untuk memberikan masukan terhadap draft panduan tersebut. Harapannya, kami bisa mendapakan masukan dari Bapak/Ibu dari berbagai sektor dengan berbagai insight yang pastinya berbeda dari sudut pandang masing-masing, yang akan menjadi referensi perbaikan dan penyempurnaan atas draft panduan yang telah disusun,” pungkasnya.

Secara garis besar Panduan Pengelolaan Limbah B3 PLTS memberikan gambaran pengelolaan limbah B3 PLTS pada setiap tahap pembangunan PLTS, mengacu pada regulasi yang berlaku di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Buku panduan terdiri dari beberapa bagian yaitu Pendahuluan; Gambaran Umum PLTS yang terdiri dari potensi energi surya, prinsip kerja PLTS, komponen PLTS, dan potensi limbah PLTS; Identifikasi potensi limbah B3 PLTS terdiri dari identifikasi limbah B3 PLTS dan klasifikasi limbah B3 PLTS; serta penyelenggaraan pengelolaan limbah B3 PLTS terdiri dari kebijakan penyelenggaraan pengelolaan limbah B3 PLTS, pelaku pengelola limbah B3 PLTS, dan pengelolaan limbah B3 PLTS. (RWS)


Contact Center