355 Titik PJU-TS Terpasang, Terangi Jalanan Umum Sukabumi dan Pelabuhan Ratu

Sabtu, 21 Januari 2023 | 17:05 WIB | Humas EBTKE

SUKABUMI - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) didukung Komisi VII DPR-RI dan Pemerintah Daerah terus berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. Salah satunya yaitu melalui program pemasangan 355 titik Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten.

Adapun 355 titik PJU-TS yang terpasang adalah 125 titik di Provinsi Jawa Barat dimana 50 titik terpasang di Kota Sukabumi dan 75 titik di Kabupaten Sukabumi, serta 230 titik di Provinsi Banten telah terpasang di Kota Tangerang.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM, Hendra Iswahyudi mengatakan, program pemasangan PJU-TS selain bermanfaat bagi penerangan masyarakat juga dapat menghemat pengeluaran daerah untuk anggaran pembayaran listrik.

“Salah satu keunggulan PJU-TS adalah efisiensi pembiayaan, dimana Pemda dapat mengefisienkan pengeluaran untuk pembayaran penggunaan lampu jalan khusus untuk lampu jalan yang konvensional. Lampu tenaga surya ini tidak perlu karena 100% menggunakan energi terbarukan sehingga dapat menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan,” ujar Hendra saat peresmian dan penyerahan secara simbolis PJU-TS di kota Sukabumi, Jumat (24/1).

Selain itu, imbuh Hendra, pemasangan PJU-TS ini memiliki jaminan pemeliharaan selama dua tahun ditambah garansi sistem selama tiga tahun sejak jaminan pemeliharaan berakhir, sehingga total lima tahun jaminan perbaikan ditanggung oleh penyedia.

“Kita garansi termasuk baterai sampai lima tahun karena ada umur baterai solar charge controller di situ. Setelah lima tahun kabupaten atau kota bisa secara mandiri menganggarkan sistem operasi dan perawatannya,” tuturnya.

Lebih lanjut Hendra berharap setelah lima tahun berjalan, ada komitmen bersama yang lebih berkesinambungan untuk menjaga keberadaan dan keberlanjutan pemanfaatan PJU-TS mengingat usia foto foltaiknya dapat mencapai 20 tahun.

“Semoga dengan adanya pemasangan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat. Kami juga mengharapkan PJU-TS yang telah dipasang, dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Walikota Sukabumi Achmad Fahmi menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah dan Komisi VII DPR RI atas selesainya pembangunan PJU-TS di Kota Sukabumi. Ia juga mendorong warga masyarakat setempat untuk dapat memanfaatkan secara optimal dan menjaga bersama-sama keberadaan PJU-TS di kota Sukabumi.

“Saya titip pesan 50 PJUTS ini mari sama sama kita jaga, pak RW saya minta bantuannya bersama para RT dan warga sekalian menjaga infrastruktur ini. Mari kita jaga PJUTS yang telah dipasang di wilayah kita supaya bisa bertahan lama supaya kebermanfaatannya semakin panjang dirasakan oleh warga yang kita cintai,” utasnya.

Sebagai informasi, dengan dukungan aspirasi Anggota Komisi VII DPR-RI Ibu Ribka Tjiptaning Proletariyati, Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal EBTKE berhasil memasang sebanyak 125 unit PJU-TS yang tersebar di wilayah Sukabumi tahun anggaran 2022, dimana sebarannya yaitu 50 unit di Kota Sukabumi dan 75 unit di Kabupaten Sukabumi.

Pada tahun 2022, total PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 20.546 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 1.027 km, yang tersebar di wilayah Indonesia. Total pemasangan PJU-TS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2022 yaitu sejumlah 111.233 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 5.562 KM. (RWS)


Contact Center