100 Lampu Surya Terangi Kabupaten Subang

Rabu, 31 Mei 2023 | 19:05 WIB | Humas EBTKE

 

SUBANG – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus berkomitmen untuk mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat, salah satunya melalui program pembangunan infrastruktur berbasis EBT yaitu pemasangan Penerangan Jalan Umum – Tenaga Surya (PJU-TS). Melalui Direktorat Jenderal EBTKE yang didukung oleh Komisi VII DPR RI dan pemerintah daerah, telah terpasang 100 unit Penerangan PJU-TS di Kabupaten Subang.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Hendra Iswahyudi mengatakan, pemasangan PJU-TS ini merupakan wujud pemanfaatan energi bersih yang mendukung program Net Zero Emission. “PJU-TS yang telah dipasang dengan kapasitas panel surya sebesar 300 Wp ini berkontribusi dalam mengurangi emisi gas rumah kaca,” tuturnya saat peresmian dan serah terima PJU-TS di Kabupaten Subang pada hari ini (Rabu, 31/05).

Hendra menyebutkan selain sebagai salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan, PJU-TS juga bermanfaat dalam mengurangi biaya listrik dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Seiring dengan diterapkan nya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran PAD yang berasal dari pajak penerangan jalan.

“Kami berharap PJU-TS yang telah dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang khususnya dalam pengembangan percepatan pengembangan perekonomian masyarakat,” pungkas Hendra.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR RI H. Nurhasan Zaidi, S.Sos, menyampaikan bahwa pemasangan PJU-TS di Kabupaten Subang menjadi salah satu wujud keberpihakan program kolaborasi Pemerintah Pusat dan DPR-RI guna mendukung pembangunan Subang untuk menjadi lebih maju. “Dengan adanya PJU-TS ini, diharapkan desa-desa dapat melakukan pemberdayaan usaha-usaha kecil di masing-masing desa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Energi dan Sumber Daya Mineral Pemerintah Kabupaten Subang Hj. Yeni Nuraeni, S.Sos, M.AP, menyampaikan apresiasi atas pemasangan 100 unit lampu surya di Kabupaten Subang pada tahun 2022. Ia berharap alokasi PJU-TS di Kabupaten Subang pada tahun 2023 dapat ditambah lebih banyak serta menghimbau kepada masyarakat agar dapat memelihara PJU-TS yang telah dipasang.

Sebagai informasi, PJU-TS yang telah terbangun pada tahun 2022 sebanyak 20.546 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 1.027 km, yang tersebar di wilayah Indonesia. Dengan demikian program pemasangan PJU-TS telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2022 adalah  sejumlah 111.233 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 5.561 km.

PJU-TS yang telah dibangun oleh Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM, telah menggunakan komponen yang sangat efisien dan hemat energi, sebagai contoh lampu PJU-TS sudah menggunakan jenis lampu LED yang hemat energi dibandingkan dengan lampu PJU yang tidak hemat energi, seperti lampu merkuri dan lampu sodium.

Selain itu, PJU-TS ini memiliki masa pemeliharaan selama 2 tahun ditambah masa garansi system selama 3 tahun, sehingga total selama 5 (lima) tahun jaminan perbaikan akan ditanggung oleh penyedia.


Contact Center