Lampu Surya Terangi Jalan Umum di Kabupaten Bireuen

Selasa, 5 Desember 2023 | 18:10 WIB | Humas EBTKE

BIREUEN – Pemerintah terus berupaya melaksanakan program pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) guna mewujudkan pemanfaatan anggaran negara yang langsung dirasakan untuk kepentingan masyarakat sekaligus mendorong peningkatan pemanfaatan energi bersih. Salah satu daerah yang mendapatkan alokasi pembangunan PJU-TS pada tahun 2023 adalah Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Melalui aspirasi Komisi VII DPR-RI, H. Anwar Idris dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) berhasil menyelesaikan pemasangan 393 unit lampu surya di wilayah Kabupaten Bireun.

“Kami bersama dengan Komisi VII DPR-RI dan Pemerintah Daerah Bireuen berkomitmen untuk menjalankan program kegiatan yang bermanfaat langsung bagi masyarakat, dengan pemanfaatan energi surya untuk penerangan jalan umum,” ungkap Kepala Balai Besar dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Senda Hurmuzan Kanam saat penyerahan simbolis hari ini (Selasa, 5/12).

Program pembangunan PJU-TS ini, lanjut Senda, juga merupakan upaya pemerintah melaksanakan transisi energi pada sektor energi ke arah energi yang lebih bersih, minim emisi dan ramah lingkungan.

“Program pemasangan PJU-TS juga merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission tahun 2060 atau lebih cepat melalui strategi pemanfaatan energi baru dan energi terbarukan secara masif dan penerapan konservasi energi,” terangnya.

Senda berharap lampu surya yang sudah dipasang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan ekonomi masyarakat. Ia juga berharap PJU-TS yang telah dipasang dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi VII DPR-RI, Anwar Idris menyampaikan bahwa Komisi VII bersama dengan Kementerian ESDM berkolaborasi melakukan transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan.  Pihaknya juga mendukung upaya-upaya pemerintah dalam melakukan percepatan pengembangan EBTKE.

Mengamini harapan Senda, Wakil Ketua DPRD Bireuen menyampaikan penerangan jalan berbasis surya yang telah dibangun sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, yaitu untuk menerangi masjid, mendorong munculnya kegiatan ekonomi serta tetap memberikan penerangan meski saat listrik sedang padam.

Senada dengan hal tersebut, Asisten I Setda Kabupaten Bireuen menyampaikan bahwa PJU-TS yang dibangun terasa manfaatnya bagi masyarakat karena memberikan rasa aman saat berkendara pada malam hari dan mengurangi kriminalitas di daerah tersebut. Oleh karenanya, masyarakat berharap pembangunan PJU-TS tetap dilaksanakan di wilayah Bireuen pada tahun-tahun berikutnya. Selanjutnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bireuen meminta masyarakat agar menjaga PJU-TS yang telah dibangun dan segera melaporkan apabila ada lampu yang rusak.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, PJU-TS yang telah terbangun sebanyak 20.546 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 1.027 km, yang tersebar di wilayah Indonesia. Dengan demikian program pemasangan PJU-TS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 hingga 2022 dengan total PJU-TS sejumlah 111.233 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 5.562 KM. (RWS)


Contact Center