Lampu Surya Hadirkan Suasana Natal Deli Serdang Lebih Terang Benderang

Rabu, 27 Desember 2023 | 10:00 WIB | Humas EBTKE

DELI SERDANG -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi  meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Komplek Srigunting Blok W, Sunggal Kanan, Tj Selamat Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (22/12). 

Dalam kesempatan ini, Kasubdit Pengawasan Pembangunan Direktorat Perencanan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Agung Feinuddin, menyampaikan bahwa pemasangan PJU-TS di daerah Deli Serdang merupakan hasil dari aspirasi Anggota Komisi VII DPR-RI, Drs. Hendrik Sitompul, M.M. dan mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang. 

“Pemasangan PJU-TS merupakan bentuk komitmen Pemerintah bersama dengan DPR-RI dalam pelaksanaan program yang bermanfaat langsung untuk masyarakat. Hal ini  merupakan salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN,” imbuh Agung. 

Deli Serdang mendapatkan alokasi pemasangan lampu surya sebanyak 132 unit pada tahun anggaran 2022 dan sebanyak 165 unit pada tahun anggaran 2023. 

Pada kesempatan yang sama, Hendrik Sitompul mengatakan bahwa tugas DPR-RI diantaranya menyusun Undang-Undang, mengawasi pelaksanaan program dan menyusun program aspirasi masyarakat. 

“Komisi VII DPR RI bermitra dengan beberapa Kementerian dan lembaga salah satunya Kementerian ESDM. Sebagai mitra, Komisi VII terus mendorong agar program-program Kementerian ESDM dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya. 

Program-program yang dilaksanakan antara lain bantuan penyambungan listrik gratis, pembagian alat masak listrik rice cooker, Pembangunan melalui CSR, pemberian bimbingan teknis untuk masyarakat dan PJU-TS untuk Kabupaten Deli Serdang dan Serdang Bedagai.  

Hendrik menyatakan turut merasakan kebahagiaan masyarakat dengan adanya lampu PJU TS ini sehingga suasana Natal dan Tahun Baru menjadi terang di lingkungan Desa di Kabupaten Deli Serdang. 

Sebagai informasi tambahan, seiring dengan diterapkannya tariff adjustment di TW-III 2022 bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU Tenaga Surya ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan.

PJU-TS yang diberikan pada program ini memiliki jaminan pemeliharaan selama 2 (dua) tahun ditambah garansi sistem selama 3 (tiga) tahun sejak jaminan pemeliharaan berakhir, sehingga total 5 (lima) tahun jaminan perbaikan ditanggung oleh penyedia. Adapun garansi per komponen adalah sebagai berikut: modul surya dengan masa garansi 20 tahun, lampu LED dengan masa garansi 5 tahun, baterai 5 tahun, solar charge controller 5 tahun dan garansi sistem selama 5 tahun. 

Dalam kegiatan ini, turut hadirKasi Ene rgi dan Ketenagalistrikan Cabang Dinas ESDM Wilayah 1 Dinas Perindustrian, Perdagangna dan ESDM Provinsi Sumatera utara, Gustian Yudha Utama, dan Saud Aritonang selaku Ketua Dewan Pasturalsasi Santo Benedictus Sri Gunting, Deli Serdang. 

Sebagai penerima manfaat PJU-TS ini, Saud menyampaikan apresiasi kepada Kementerian ESDM dan DPR-RI  karena berkat penerangan berbasis surya ini, Gereja St Benediktus kian terang benderang. Lampu tersebut tentu membantu pencahayaan bagi kegiatan umat dalam beribadah terutama di malam hari dan perayaan malam Natal. (BKP)

 


Contact Center