Lebih Dari 600 Lampu Surya Terangi Kota Tebing Tinggi dan Serdang Bedagai

Jumat, 29 Desember 2023 | 15:05 WIB | Humas EBTKE

TEBING TINGGI – Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) secara simbolik menyerahkan 400 lampu surya kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi sebagai tanda telah selesainya pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di kota tersebut pada tahun 2023.

“Program pemasangan PJU-TS ini merupakan salah satu upaya kami bersama DPR-RI untuk melaksanakan program yang bermanfaat bagi masyarakat dengan berbasis energi bersih. 400 lampu surya yang diserahkan hari ini merupakan aspirasi Bapak Tifatul Sembiring, juga 250 unit lampu lainnya yang dipasang di Sedang Bedagai,” ungkap Kepala Subdit Pengawasan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Agung Faenuddin (Jumat, 28/12).

Ia menjelaskan bahwa program ini juga menjadi salah wujud upaya pemerintah dalam memanfaatkan anggaran negara untuk program yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat, terutama lapiran menengah ke bawah.

“PJU-TS menjadi salah solusi penerangan jalan yang menggunakan energi ramah lingkungan bagi jalan perdesaan yang belum mendapatkan lampu jalan dari PLN. Juga dapat menghemat pengeluaran daerah, seiring dengan diterapkan nya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum,” imbuh Agung.

Lebih lanjut Agung menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak atas terselesaikannya pembangunan PJU-TS di Kota Tebing Tinggi. Ia berharap lampu surya ini dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat dalam pengembangan perekonomian.

“Kami mengharapkan PJU-TS yang telah dipasang, dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Tifatul Sembiring menyampaikan bahwa sebagai mitra pemerintah, Komisi VII DPR-RI terus mendorong agar program-program Kementerian ESDM dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena masih banyaknya wilayah di Indonesia yang belum menikmati penerangan.

“PJU-TS merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk menerangi jalan-jalan terpencil di Indonesia. Kami sampaikan terima kasih kepada Kementerian ESDM dan Pemerintah Kota Tebing Tinggi yang telah bekerja sama dan bersinergi untuk melaksanakan program PJU-TS,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ia menghimbau masyarakat dan pemerintah kota untuk bekerja sama menjaga dan memelihara lampu surya yang sudah terpasang. Terkait jaminan pemeliharaan dan perbaikan lampu yang rusak dapat berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal EBTKE.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Padang Hulu, Muheri mengungkapkan kebahagiaan atas keberadaan lampu PJU-TS di daerahnya. Menurutnya, manfaat PJU-TS ini sangat besar, aktifitas ekonomi masyarakat Tebing tinggi sudah dimulai sejak pukul 02.00 pagi sehingga PJU-TS ini sangat membantu terutama memberikan penerangan, mengurangi tingkat kriminalitas, kenyamanan beraktivitas pada malam hari. Selain itu, lampu PJU-TS tetap dapat dihandalkan ketika listrik PLN mati, karena PJU-TS tetap menyala dan memberikan penerangan yang baik.

 


Contact Center