Panduan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) PLTS Fotovoltaik

Jumat, 26 Januari 2024 | 10:10 WIB | Humas EBTKE

KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Buku Panduan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di Bidang PLTS Fotovoltaik telah selesai disusun. Buku ini membahas secara lebih luas hal-hal terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bidang PLTS mulai dari kebijakan di bidang K3, manajemen risiko, alat pelindung diri, Sistem Manajemen K3, keselamatan pada tahap konstruksi, keselamatan pada tahap operasi dan pemeliharaan serta pengelolaan lingkungan diPLTS Fotovoltaik. Buku ini juga dapat digunakan sebagai informasi tambahan melengkapi buku panduan sebelumnya yang berjudul Panduan Pengelolaan Limbah B3 PLTS agar dapat memberikan wawasan dan gambaran terkait K3 kepada para pembaca.

Buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan dalam penerapan K3 pada PLTS sehingga dapat meminimalisir risiko kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja serta menjamin operasional sistem pembangkit secara optimal dan menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan efisien untuk mendorong produktivitas energi PLTS Fotovoltaik. Buku panduan ini ditujukan kepada semua pihak yang terkait dengan pengembangan energi surya, seperti Pemilik/Pengembang PLTS, Manajemen (pengelola), Operator Instalasi (tenaga teknis) PLTS, Konsultan, Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam pengembangan PLTS di Indonesia.

Kami menyadari masih terdapat banyak kekurangan dalam buku ini. Oleh karena itu, diperlukan saran dan masukan dari para pemangku kepentingan untuk penyempurnaan buku panduan ini. Semoga buku ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak.

Akhir kata, kami mengucapkan terimakasih atas kerjasama seluruh Tim DirektoratAneka EBT serta Indonesia Delivery and Service Business Departement dan Indonesia Digital Power Business Department – PT HUAWEI TECH INVESTMENT sebagai kontributor teknis beserta seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan buku panduan ini, dan kami juga menyampaikan permohonan maaf apabila masih terdapat kekurangan dalam penyusunan buku ini.

Jakarta, November 2023

Tim Penyusun

*Unduh buku panduan pada tautan ini


Contact Center