Lampu Tenaga Surya Terangi Wilayah Tangerang

Jumat, 31 Mei 2024 | 17:35 WIB | Humas EBTKE

TANGERANG – Sebanyak 186 unit lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJUTS) diserahkan secara simbolis oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kepada Pemerintah Kota Tangerang pada Jumat (31/5). Mewakili Direktorat Jenderal EBTKE, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Senda Hurmuzam Kanam mengungkapkan bahwa penerangan tenaga surya yang diserahkan ini dibangun pada tahun 2023, dengan menggunakan anggaran Kementerian ESDM.

“Pembangunan PJUTS ini merupakan salah satu upaya pemanfaatan anggaran negara untuk dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Kegiatan pembangunan infrastruktur berbasis energi bersih ini merupakan komitmen bersama kami dengan Komisi VII DPR RI,” ujarnya.

Lebih lanjut Senda menjelaskan PJUTS merupakan salah satu langkah pemerintah sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca melalui pemanfaatan energi bersih, yang minim emisi dan ramah lingkungan. Tak hanya itu, pemanfaatan energi surya untuk penerangan jalan melalui program pemasangan PJUTS di Kota Tangerang menjadi salah satu solusi efisiensi tenaga listrik untuk penerangan yang difokuskan pada jalan perdesaan, utamanya yang sulit dijangkau jaringan PLN.

"Pemasangan PJUTS ini sangat bermanfaat bagi pemda untuk menghemat pengeluaran yang berasal dari pajak penerangan jalan, seiring dengan diterapkannya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3)," urainya.

Di hadapan Pemerintah Kota Tangerang dan jajarannya serta perwakilan tokoh masyarakat, Senda berpesan agar semua elemen masyarakat turut serta dalam menjaga dan memelihara keberadaan PJUTS yang telah terpasang.

“Kami berharap PJUTS ini dapat memberikan manfaat dan membantu masyarakat dalam pengembangan perekonomian. Oleh karenanya, PJUTS yang telah terpasang dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Kota Tangerang melalui Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Achmad Suhaely menyampaikan apresiasi atas bantuan PJUTS dari pemerintah dan DPR RI. Menurutnya, PJUTS yang dibangun oleh Direktorat Jenderal EBTKE mendukung upaya pemkot dalam pelayanan jalan umum untuk masyarakat dan penghematan pengeluaran daerah.

“Pemerintah Kota Tangerang telah membangun 137 ribu PJU, tetapi PJU tersebut belum bisa melayani sepenuhnya kebutuhan seluruh wilayah Kota Tangerang sehingga dengan adanya PJUTS ini, sangat membantu kekurangan tersebut. Selain itu, juga membantu Dinas Perhubungan dalam menghemat pembayaran listrik penerangan jalan sebesar sekitar 3-4 miliar setiap bulannya,” terang Achmad. Ia berharap Pemerintah dapat memfasilitasi kembali penyediaan lampu jalan di wilayah kota Tangerang melalui program pemasangan PJUTS pada tahun berikutnya.

Selain Pemerintah Kota Tangerang, turut hadir Anggota Komisi VII DPR RI, Zulfikar Hamonangan, perwakilan Dinas ESDM Provinsi Banten, perwakilan aparat Kecamatan Cipondoh, Lurah Cipondoh Indah, dan tokoh masyarakat penerima PJUTS.

Program Pemasangan PJUTS merupakan program Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui aspirasi dari Komisi VII DPR-RI dengan dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Sampai dengan tahun 2023, PJUTS yang telah terbangun sebanyak 23.056 atau setara menerangi jalan sepanjang 1.152 km, yang tersebar di 31 (tiga puluh satu) Provinsi di wilayah Indonesia, dengan demikian program pemasangan PJUTS yang telah dilaksanakan oleh Kementerian ESDM c.q. Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) sejak tahun anggaran 2015 telah terpasang 135.719 unit atau setara menerangi jalan sepanjang 6.785 KM. (RWS)


Contact Center