Pertamina Geothermal Kucurkan Investasi US$432 Juta

Jumat, 23 Januari 2015 | 10:37 WIB | Ferial

EBTKE--PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak usaha PT Pertamina (Persero), akan mengucurkan investasi sebesar US$ 432 juta untuk mengembangkan delapan wilayah kerja panas bumi miliknya.

Direktur Utama Pertamina Geothermal Rony Gunawan mengatakan, dana investasi tersebut akan digunakan untuk merampungkan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) yang sedang digarap dan perawatan pembangkit eksisting. “Selain itu, kami juga akan melakukan eksplorasi di daerah Bukit Daun, Bengkulu,” kata dia di Jakarta,

Tahun ini, lanjut dia, pihaknya akan merampungkan pembangunan PLTP Kamojang Unit 5. Konstruksi proyek disebutnya sudah berjalan sekitar 60,5 persen dan diharapkan bisa selesai pada Juli tahun ini juga. PLTP Kamojang Unit 5 ini memiliki kapasitas sebesar 35 megawatt (MW). Sehingga, kapasitas pembangkit Pertamina Geothermal akan naik. “Tahun ini, kalau ditambah dengan Juli nanti 35 MW, akan jadi 437 MW,” tutur dia.

Mulai tahun ini, menurut Rony, setiap tahunnya PGE akan mengoperasikan pembangkit baru. Pada tahun depan, PLTP Ulubelu Unit 3 dengan kapasitas 55 MW dan PLTP Lumut Balai-1 55 MW, dan PLTP Lahendong-5 20 MW.


Contact Center