Menteri ESDM Saksikan Peluncuran Klub EBT Perancis Untuk Indonesia

Rabu, 1 Maret 2017 | 14:24 WIB | Ferial

EBTKE-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Ignasius Jonan bersama Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Perancis Jean-Marc Ayrault dan didampingi oleh Duta Besar Prancis untuk Indonesia, Jean-Charles Berthonnet meresmikan pembentukan French Renewable Energy Group (FREG).

Organisasi ini merupakan wadah bagi perusahaan-perusahaan Perancis yang tertarik masuk ke sektor energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. FREG akan menjadi kepanjangan tangan dari French Syndicate of Renewable Energy (SER), organisasi EBT terbesar di Perancis.

Peresmian dilakukan di Gedung Kementerian ESDM, Selasa, 28 Februari 2017.

"Di Prancis, kami memiliki perusahaan yang amat inovatif dan berprestasi tinggi. Perusahaan-perusahaan yang berkumpul pagi hari ini mewakili berbagai sektor dan teknologi terbarukan, yang ingin Bapak kembangkan,"kata Ayrault dalam sambutannya.

Dia menjelaskan, klub energi terbarukan yang baru saja terbentuk di Indonesia ini merupakan panggung yang dapat memperlihatkan keunggulan Prancis di sektor energi. "Klub ini akan juga memperkuat kerja sama Perancis dan Indonesia di bidang tersebut,"ujarnya.

Perancis, lanjut Ayrault menyambut baik ambisi pemerintah Indonesia untuk dapat mengembangkan EBT sebesar 23 persen hingga tahun 2025 sebagai komitmen Indonesia sebagai bagian kontribusi nasional (INDC) terhadap upaya penanggulanan perubahan iklim. "Inilah jalur yang kita ambil bersama, pada KTT Iklim di Paris (COP21), sebuah aksi bersama yang ambisius dan berkelanjutan,"pungkas dia.