Medan Jadi Kota Terakhir Sasaran Sosialisasi Konservasi Energi Tahu 2017

Jumat, 8 September 2017 | 14:02 WIB | Rakhma Wardani

Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE kembali menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah Tahun 2017 pada Rabu, 4/9, di Medan, Sumatera Utara.

Bertempat di Sekolah Dasar (SD) Panca Budi Medan, Ditjen EBTKE menyampaikan implementasi pelaksanaan konservasi energi di hadapan sekitar 1000 siswa yang mewakili 30 SD di Kota Medan, 60 guru pendamping dan tamu undangan lainnya.

Tidak berbeda dengan kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan di Surabaya, Denpasar dan Makassar pada waktu sebelumnya, rangkaian acara sosialisasi di Medan juga dirancang sesuai dengan karakteristik anak-anak yang dinamis, ceria, dan penuh rasa ingin tahu. Sosialisasi ini akan diisi dengan berbagai macam lomba, dongeng, sulap, dan pameran yang berkaitan dengan tema hemat energi. Lomba yang diselenggarakan antara lain, lomba ranking satu, menggambar, dan pidato dengan tema hemat energi.

Melalui kegiatan ini, siswa SD sebagai generasi muda dapat memahami pentingnya konservasi energi dan mengaplikasikan perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Guru pendamping diharapkan dapat menjadi contoh dan membantu implementasi hemat energi di lingkungan kelas sehingga mampu membantu menumbuhkan budaya hemat energi dimanapun siswa berada.

Program ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Gerakan Hemat Energi “Potong 10%” yang telah dicanangkan Pemerintah pada tahun 2016 untuk mencapai target penurunan 10% konsumsi energi khususnya listrik di rumah tangga, industri, bangunan/gedung, transportasi dan fasilitas umum melalui aksi bersama semua komponen masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi konservasi energi kepada kalangan masyarakat umum dan siswa SD tersebut menunjukkan komitmen besar Pemerintah dalam merealisasikan berbagai upaya konservasi energi oleh semua pihak, diantaranya melalui peningkatan pemahaman pentingnya konservasi energi dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari yang salah satunya dengan kebiasaan hemat energi.

Betapa sekecil apapun upaya kita dalam melaksanakan konservasi energi, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang akan mampu memberikan kontribusi berarti bagi perwujudan tujuan konservasi energi. SALAM HEMAT ENERGI! (RWS)