Dirjen EBTKE : PLTB Sidrap Bukti Keseriusan Pemerintah Kembangkan EBT

Kamis, 1 Maret 2018 | 12:54 WIB | Dian Lorinsa

SIDRAP – Hari ini (1/3), Dirjen EBTKE, Rida Mulyana kembali hadir di Sidenreng Rappang (Sidrap) untuk terus mengawal PLTB pertama di Indonesia ini, jelang peresmian yang direncanakan akan dihadiri oleh Bapak Presiden RI pada minggu kedua Maret 2018. Perwakilan PT UPC Sidrap Bayu Energi selaku pihak pengembang PLTB 75 MW ini, menyampaikan bahwa instalasi WTG, Substation dan Transmisi 150 kV sudah 100% konstruksi dan sudah terkoneksi ke seluruh 3 ridges jaringan 33 kV, serta terdapat 23 WTG yang sudah operasi dari 30 WTG.

“Ini kebanggaan kita juga sekaligus menjadi bukti bahwa Pemerintah serius mengembangkan energi baru terbarukan" ungkap Rida di sela kunjungan nya. Dengan beroperasinya PLTB Sidrap I nanti, pembangkit tersebut menjadi pembangkit komersial pertama di Indonesia yang memanfaatkan energi angin.

Proyek dengan investasi USD 150 juta (sekitar Rp 2 triliun) yang dioperasikan PT UPC Sidrap Bayu Energi berlokasi di area perbukitan Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Wattangpulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi Selatan,  yang menghasilkan kecepatan angin sebesar 7 m/s dari ketinggian 80 meter. Jumlah turbin yang akan dibangun total sejumlah 30 turbin, dimana masing plat berkapasitas 2.5 MW WTG pada menara baja setinggi 80 meter. Turbin yang digunakan adalah turbin angin Kelas IIA dengan panjang (jari-jari) baling-baling 57 meter, sehingga total tinggi pembangkit mencapai 137 meter. (DLP)