Penerangan Berbasis EBT Hadir di Jalan Kota Padang Sidempuan

Senin, 4 Februari 2019 | 11:05 WIB | Humas EBTKE

PADANG SIDEMPUAN - Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahkan Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS) yang dibangun menggunakan APBN Tahun 2018. Kementerian ESDM yang diwakili oleh Kepala Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi, Iman Kristian Sinulingga menyerahkan sebanyak 175 unit PJU-TS yang tersebar di Kota Padang Sidempuan Provinsi Sumatera Utara kepada Pemerintah Kota dengan disaksikan oleh Ketua Komisi VII DPR RI, Gus Irawan Pasaribu, Minggu (3/2).

Iman mengungkapkan bahwa PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Kehadiran PJU-TS menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

Meski demikian tidak semua daerah mendapat alokasi pembangunan PJU-TS karena terbatasnya anggaran. Penentuan lokasi pembangunan PJU-TS sesuai urutan memasukkan permohonan pembangunan infrastruktur PJU-TS. "Untuk Sumatera Utara dialokasikan PJU-TS untuk 900 titik, di 8 (delapan) Kota/Kabupaten. Sebanyak 175 unit PJU-TS untuk Kota Padang Sidempuan yang tersebar di seluruh kecamatan, jumlah itu masuk dalam pagu anggaran 2018," ungkap Iman.  Padang Sidempuan memiliki tujuh kecamatan dan 58 desa. Kecamatan Padang Sidempuan Selatan menjadi wilayah terbanyak penerima manfaat PJU-TS dengan total keseluruhan 63 unit. Sedangkan yang paling sedikit penerima manfaat PJU-TS adalah Kecamatan Padang Sidempuan sebanyak 3 unit.

Pembangunan PJU-TS merupakan usulan Pemerintah masing-masing Kabupaten. Untuk pembangunan PJU-TS di Padang Sidempuan merupakan inisiasi Ketua Komisi VII DPR, Gus Irawan Pasaribu. "Betul, atas inisiasi dari Pak Gus Irawan Pasaribu. Namun inisiasi tersebut tetap melalui mekanisme usulan dari Pemerintah Daerah kepada Ditjen EBTKE Kementerian ESDM," lanjut Iman.

Menambahkan pernyataan Iman, Wakil Walikota Padang Sidempuan, H.Arwin Siregar menuturkan bahwa pembangunan PJU-TS di Kota Padang Sidempuan ini merupakan bentuk sinergi program Pemerintah Pusat dan Daerah yang mendukung percepatan pembangunan dengan mendorong peningkatan perekonomian kesejahteraan masyarakat.

Pada giat kunjungan ke lokasi PJU-TS di Desa Rimbasoping, Kepala Desa Rimbasoping, Mangarahon Siregar menuturkan manfaat yang dirasakan masyarakat dengan hadirnya PJU-TS di desa mereka. "Sebelumnya di jalan ini gelap bahkan terbilang rawan kejahatan. Namun setelah ada PJU-TS ini menjadi terang dan membuat kami aman ketika beraktifitas dan lalu lalang di malam hari," tuturnya. "Warga saya mengadu ke saya setelah ada PJU-TS jalanannya menjadi terang dan banyak manfaatnya. Kami berharap program PJU-TS ini berlanjut hingga titik yang belum tersentuh," pungkas Mangarahon.

Pada Tahun 2018, Ditjen EBTKE Kementerian ESDM menganggarkan sebanyak Rp 403 Miliar untuk kegiatan Pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) sebanyak 21.864 titik pada 26 Provinsi di Indonesia. (RWS/DLP)


Contact Center