Ditjen EBTKE Ajak Partisipasi Instansi Pemerintah Ikuti Ajang Penghargaan Subroto

Jumat, 24 Mei 2019 | 14:25 WIB | Humas EBTKE

TANGERANG SELATAN - Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) kembali menggelar Sosialisasi Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi kepada pihak-pihak terkait yang diharapkan ikut berpartisipasi menyemarakkan perlombaan tahunan bidang energi berskala nasional tersebut. April lalu, gelaran sosialisasi dilaksanakan dengan mengundang Pengelola Bangunan di bawah naungan Building Owner dan Managers Association (BOMA) Indonesia, dan pada Kamis (23/5) lalu kegiatan sosialisasi ini mengundang Instansi Pemerintah untuk aktif dan turut serta pada Penghargaan Efisiensi Energi Kategori C yaitu Penghematan Energi di Instansi Pemerintah.

Mewakili Direktur Konservasi Energi, Kepala Subdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Konservasi Energi, Gita Lestari mengungkapkan bahwa selain untuk menjaring keikutsertaan peserta dalam Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Tahun 2019 Kategori C - Penghematan Energi di Instansi Pemerintah, kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat mendorong pelaksanaan penghematan energi di gedung Pemerintah melalui sharing informasi best practice dari instansi Pemerintah yang sudah berhasil dalam pelaksaan hemat energi yaitu BPPT dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah.

Keberhasilan pelaksanaan penghematan energi, lanjut Gita, hanya bisa dicapai jika semua unsur bersinergi dan memiliki pemahaman serta tekad yang sama untuk melakukan efisiensi dan konservasi energi. "Semoga melalui kegiatan ini program hemat energi dan konservasi energi dapat kita gaungkan sebagai suatu kebutuhan sehingga menghasilkan model-model bangunan gedung hemat energi di sektor publik sehingga dapat direplikasi untuk gedung pemerintah lainnya," imbuh Gita.

Pada kesempatan ini Gita menjelaskan bahwa khusus untuk Kategori (C), dalam rangka memberi kesempatan lebih luas kepada semua peserta menjadi pemenang dan menciptakan persaingan yang lebih kompetitif, maka penilaian tahun ini difokuskan pada 1 (satu) gedung perkantoran yang belum pernah menjadi Juara 1 dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Rencananya Penghargaan Soebroto Bidang Efisensi Energi Kategori C akan dimulai pada awal Juni 2019 dan berakhir pada 5 Juli 2019. Adapun penganugerahan penghargaan ini akan dilaksanakan pada akhir September 2019 oleh Menteri ESDM sebagai rangkaian puncak perayaan Hari Pertambangan Nasional tahun 2019. Adapun jadwal kegiatan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Tahun 2019 Kategori C sebagai berikut:

- Mei 2019                           : Sosialisasi

- Awal Juni 2019                   : Pengiriman Undangan dan Isian Kuesioner

- 5 Juli 2019                         : Batas Akhir Pengembalian Kuesioner

- 22 Juli – 30 Agustus 2019   : Verifikasi  Lapangan

- Awal September 2019         : Penjurian

- Akhir September                : Pengumuman Pemenang dan Penganugerahan

(RWS)


Contact Center