Pimpin Upacara HUT RI di PLTA Rajamandala, Dirjen Toto: Kebijakan Pengelolaan Energi di Indonesia Wujud Pengamalan Sila Kelima Pancasila

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 13:15 WIB | Humas EBTKE

Cianjur -- Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) FX Sutijastoto hari ini (Sabtu, 17/8) memimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia di area Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Rajamandala, Cianjur.

Mengawali sambutannya, Dirjen Toto menuturkan bahwa kemerdekaan yang kita peroleh saat ini bukanlah sekedar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa namun melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa. Oleh karenanya kebijakan pengelolaan energi di Indonesia yang berwujud pada kegiatan-kegiatan sektor ESDM dilaksanakan dalam upaya mengamalkan Sila Kelima Pancasila yakni Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

"Kementerian ESDM memfokuskan untuk mewujudkan keadilan sosial di bidang energi, melalui pengutamaan perluasan akses terhadap energi dan menjaga harga energi yang terjangkau. Sebagian besar anggaran Kementerian ESDM dialokasikan untuk belanja infrastruktur rakyat seperti Jaringan Gas Kota (Jargas), Konverter Kit LPG untuk Nelayan, Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), dan Sumur Bor untuk Daerah Sulit Air. Sementara subsidi energi empat tahun terakhir dialihkan untuk belanja pada sektor yang lebih produktif," tandasnya.

Selain itu, Dirjen Toto juga mengungkapkan bahwa sektor ESDM masih memberikan peran yang besar untuk pendapatan nasional, pada 2018 sektor ESDM menyumbangkan 53,5% PNBP Nasional. Pada tahun 2018, realisasi PNBP Sektor ESDM mencapai 181% (Rp217,8 Triliun) dari target APBN sebesar Rp120,5 Triliun. Sektor ESDM juga meningkatkan investasi nasional sebesar US$32,3 miliar pada 2018, dimana sebelumnya US$27,5 miliar pada 2017.

Program yang telah dilakukan baik oleh Kementerian ESDM melalui APBN maupun swasta dalam pengelolaan energi nasional khususnya subsektor ketenagalistrikan dan EBTKE, lanjut Dirjen Toto, antara lain peningkatan rasio elektrifikasi agar mencapai target 99% hingga akhir tahun 2019, pembagian LTSHE serta Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan rasio elekftrifikasi pada daerah yang belum dilayani PLN, serta pengembangan biofuel melalui Program Mandatori BBN jenis biodiesel sebagai campuran BBM jenis minyak solar pada sektor PSO, Non-PSO, Industri dan Komersial.

HUT Ke-74 RI yang mengusung tema SDM Unggul Indonesia Maju, sesuai arahan Bapak Presiden wajib mengembangkan potensi anak bangsa agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan globalisasi yang berubah dari waktu ke waktu. Berkaitan dengan hal tersebut, Dirjen Toto meminta PT Indonesia Power selaku pengelola PLTA Rajamandala untuk berperan dalam upaya peningkatan kualitas SDM. 

Usai upacara, Dirjen Toto menandatangani Prasasti Ceremony COD PLTA Rajamandala bersama dengan Direksi Indonesia Power, Direksi PT. Rajamandala Electric Power (REP), dan GM Saguling.

Sebagai informasi, kali ini pimpinan Kementerian ESDM melaksanakan upacara peringatan HUT ke-74 RI di setiap fasilitas ESDM. Hal ini untuk menunjukkan keseriusan Pemerintah sebagai pelayan masyarakat dalam memberikan dukungan langsung kepada seluruh elemen pelaksana sektor ESDM di seluruh nusantara. (RWS)

 


Contact Center