Pemerintah Akan Bangun Pilot Project PLT Arus Laut

Jumat, 15 Mei 2015 | 14:03 WIB | Ferial

EBTKE-- Pemerintah akan melakukan pembangunan proyek percontohan (pilot project) pengembangan tenaga listrik (PLT) berbasis energi arus laut dengan kapasitas 1 megawatt (MW).

"Ini salah satu upaya yang kita lakukan dalam rangka mewujudkan kedaulatan energi sehingga mampu melaksanakan program pemerintah,"kata Direktur Bioenergi, Tisnaldi dalam Acara Indonesia Investment Week di Jakarta, Kamis, 14 Mei 2015.

Menurut Tisnladi, selama ini ketahanan energi nasional pemenuhannya masih di dominasi oleh energi fosil padahal potensi energi baru terbarukan dalam negeri sangat besar. "Selain energi arus laut kita masih memiliki panas bumu, air, bioergi, surya, hybrid dan ada juga nuklir yang belum kita manfaatkan,"ujar dia.

Dari data pemerintah, lanjutnya, dalam kurun waktu 2013-2014 pengembangan energi baru terbarukan masih relatif kecil yaitu hanya 651 megawatt (MW). "Selama ini kita memang masih memperlakukan energi baru terbarukan energi alternatif bukan energi utama, pandangan ini yang harus diubah,"ungkap dia.

Dengan kondisi seperti itu, jelas Tisnaldi, tidak mengherankan jika kontribusi listrik berbasis energi baru terbaruka terhadap listrik nasional baru mencapai 11 gigawatt (GW). "Kita dapat melihat dari pembangkit ini ada yg on grid dan off grid hanya sekitar 11 GW dari elektrifikasi kita yang masih 50 GW,"pungkasnya. (pelton)


Contact Center