Kampanye Potong 10 Persen Merambah 20 Kota

Minggu, 15 Mei 2016 | 09:23 WIB | Ferial

EBTKE-- Pemerintah melakukan kampanye gerakan hemat energi 10 persen di dua puluh (20) kota di seluruh Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Sudirman Said mengatakan 20 kota besar itu yakni Medan, Pekanbaru, Batam, Padang, Palembang, Lampung, Jabodetabek, Cilegon, Bandung, DIY, Semarang, Sidoarjo, Surabaya, Denpasar, Makassar dan Balikpapan.

"Kampanye ini akan berjalan di 20 kota di Indonesia, kita mulai dari sini dan targetnya bisa merubah perilaku masyarakat serta menyadarkan mereka bahwa harga energi itu tidak murah,"kata dia disela acara Kampanye Hemat Energi Potong 10 Persen, di Bundaran HI, Jakarta, Minggu 15 Mei 2016.

Kampanye 20 kota tersebut, lanjut Sudirman, juga akan diikuti dengan kampanye di fasilitas - fasilitas umum seperti pesawat terbang, bandara, stasiun kereta api dan kereta api. "Kita melakukan masiv kampanye di seluruh indonesia,"tegasnya.

Sudirman menjelaskan, penghematan yang bisa diperoleh dengan program ini sangat signifikan, misal jika hitungannya penghematan konsumsi listrik maka bisa menghemat anggaran negara mencapai 43 triliun bahkan dapat membangun pembangkit baru dengan kapasitas 3.500 megawatt (MW) "Sedangkan jika diliat dari sisi penghematan bahan bakar minyak (BBM) maka bisa membangun kapasitas kilang yang sama dengan yang saat ini dikembangkan di Cepu,"paparnya.

Menurut dia, program ini juga merupakan salah satu usaha pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi nasional yang saat ini masih belum mencapai 100 persen dan masih banyak wilayah - wilayah Indonesia yang belum terlistriki. "Ini semua kita lakukan agar Indonesia bisa mencapai kedaulatan energi,"pungkas Sudirman.

 

 


Contact Center