Potensi Hemat Energi Dari Sektor Rumah Tangga 35 Persen

Selasa, 30 Agustus 2016 | 10:18 WIB | Ferial

EBTKE-- Indonesia masuk dalam daftar negara yang masih boros dalam menggunakan energi. Hal ini terlihat dari potensi penghematan energi yang cukup besar khususnya sektor Rumah Tangga yang berkisar 10 persen-35 persen.

Direktur Konservasi Energi Farida Zed mengatakan Salah satu penyebab boros energi tersebut adalah perilaku penggunaan energi yang tidak efisien dan tidak sesuai kebutuhan. "Untuk itu perubahan perilaku menjadi penting. Untuk mengubah perilaku tersebut, salah satu cara yang efektif adalah melalui pembiasaan atau sering juga disebut learning by doing,"kata dia di Jakarta.

Farida menjelaskan, energi merupakan kebutuhan mendasar manusia, selain pangan dan air pasalnya hampir seluruh aspek kehidupan manusia membutuhkan energi. "Semakin sejahtera semakin banyak kita membutuhkan energi, karena akan semakin banyak menggunakan peralatan-peralatan yang menggunakan energi,"katanya.

Saat ini, lanjut Farida, sekitar 95 persen kebutuhan energi nasional dipenuhi dari energi fosil dan sisanya dipenuhi dari energi terbarukan mengingat kedepan kebutuhan energi diprediksi masih akan terus meningkat. "Padahal cadangan minyak dan gas bumi semakin menurun yang menyebabkan permasalahan pasokan energi semakin kompleks,"tegas dia.

Jika tidak ditemukan sumber-sumber cadangan minyak yang baru di Indonesia, ungkap Farida, maka diperkirakan dalam waktu tidak lebih dari 23 tahun cadangan minyak bumi akan habis dan Indonesia akan sangat bergantung pada energi impor.

 


Contact Center