Kementerian ESDM Luncurkan Dashboard PNBP

Selasa, 27 Desember 2016 | 17:09 WIB | Ferial

EBTKE--Dalam rangka pelaksanaan good governance serta upaya optimalisasi PNBP, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Teguh Pamudji, bersama dengan Kepala Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Erika Retnowati, hari ini, Selasa, 27 Desember 2016 meresmikan aplikasi Dashboard PNBP KESDM. Acara ini turut dihadiri oleh Kepala Badan Geologi KESDM Ego Syahrial, Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Satry Nugraha, perwakilan Eselon II di lingkungan KESDM, PT. KAI, PT. Telkomsigma, Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), dan Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan (Direktorat SITP).

Aplikasi ini didesain untuk menggantikan proses PNBP yang saat ini masih manual, seperti pengelolaan basis data, pemantauan realisasi, dan pencarian informasi. Dashboard PNBP juga akan mengurangi human error sehingga keakuratan data terjamin, dan menyamakan dokumen sumber yang tidak sama antara KESDM dengan Kas Negara/Kementerian Keuangan. Selain itu, Dashboard ini terintegrasi dengan Direktorat Komersial dan Teknologi Informasi PT. KAI, PT. Telkomsigma, DJA, dan Direktorat SITP.

Sebagai tanda kerja sama, pada kesempatan ini juga ditandatangani MoU terkait Pengembangan, Peningkatan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi, antara Sekretaris Jenderal KESDM dengan Direktur Komersial dan Teknologi Informasi PT. KAI dan antara Sekretaris Jenderal KESDM dengan Direktur Utama PT. Telkomsigma. “Dashboard ini diharapkan dapat menyimpan basis data dengan baik dan menyajikan data serta informasi realisasi PNBP KESDM yang selalu update dengan mudah, cepat, dan akuntabel sehingga monitoring dan evaluasi serta penatausahaan PNBP secara keseluruhan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif,” tutup Erika Retnowati.

Sumber : Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama


Contact Center