Launching Media Digital ESDM, Menteri ESDM: Ini Perwujudan Modernisasi Komunikasi dan “Satu ESDM”

Kamis, 23 Maret 2017 | 08:25 WIB | Ferial

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL
REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS
NOMOR: 00041.Pers/04/SJI/2017
Tanggal: 22 Maret 2017

Launching Media Digital ESDM
Menteri ESDM: Ini Perwujudan Modernisasi Komunikasi dan "Satu ESDM"

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan didampingi Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar dan pejabat di lingkungan Kementerian ESDM, hari Rabu (22/3), meluncurkan tampilan baru website Kementerian ESDM, Sosialisasi Media Sosial serta Email Resmi Kementerian ESDM. Pengembangan 3 media digital Kementerian ESDM ini merupakan hasil kerja Tim Kementerian ESDM didukung oleh PT Kereta Api Indonesia, dan Telkomgroup selama sekitar 2 bulan.

Tampilan website www.esdm.go.id yang baru ini memiliki performasi lebih cepat 3,2 detik dari tampilan website sebelumnya. Tampilan yang ada pada website ini juga memudahkan pengguna untuk mencari informasi (user friendly) serta mudah diakses di perangkat mobile seperti handphone/smartphone dan tablet (mobile friendly). Website ini juga telah melalui uji keamanan dan uji penetrasi untuk menjamin keandalan sistem dan ketersediaan data.

Fitur baru website www.esdm.go.id antara lain adanya gambar utama yang dinamis pada halaman beranda, adanya fitur berita utama, dan materi kreatif infografis dan videografis. Kesemuanya tersaji dengan tata letak yang menggugah dan selalu diperbaharui. Sajian data warehouse yang memuat realisasi kinerja tahun sebelumnya (2016) juga ditempatkan secara berdampingan dengan angka-angka penting sektor ESDM tahun berjalan(2017).

Menteri Jonan dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan hari ini mencerminkan pola komunikasi Kementerian ESDM yang modern. "Saya apresiasi kegiatan hari ini. Ini wujud Kementerian ESDM telah memodernisasi cara berkomunikasi. Perintah Pak Presiden bahwa komunikasi sangat perlu. Apa yang kita kerjakan harus dikomunikasikan dengan baik", papar Menteri Jonan.

Lebih lanjut Menteri Jonan mengharapkan agar kanal digital Kementerian ESDM lebih dikenal masyarakat luas dan terintegrasi khususnya terkait data. "Saya kira target media sosial Kementerian ESDM di Januari 2018 menjadi paling tidak 1 juta followers ya. Target kedua, di 2019 akun Media sosial harus lebih terkenal dan bisa lebih mengajak masyarakat. Faktanya, satu kanal media sosial yang followers-nya 2 juta, lebih berpengaruh dari semua kanal media cetak. Kanal komunikasi Kementerian ESDM juga harus jadi satu, termasuk data-data per subsektor", pungkas Jonan.

Media digital lainnya yang dikembangkan ESDM adalah email resmi @esdm.go.id bagi sekitar 6.000 pegawai yang telah selesai disiapkan. Email resmi ini menjadi sarana komunikasi resmi terkait dengan arahan dan urusan pekerjaan di Kementerian ESDM.

Usai menyampaikan sambutan, Menteri Jonan bersama Wakil Menteri, Arcandra Tahar, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Kerja Sama serta Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi, secara simbolis menekan tombol sebagai tanda media digital Kementerian ESDM resmi diluncurkan. Di akhir acara, Menteri Jonan menyempatkan menyapa netizen dengan Live Streaming di Instagram Kementerian ESDM (@kesdm), serta memberikan pesan di Facebook Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, untuk follow akun resmi media sosial Kementerian ESDM.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan
Informasi Publik, dan Kerja Sama


Sujatmiko

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi
Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama
Sujatmiko (08128016414)


Contact Center