RSNI TSHE Disusun

Rabu, 26 April 2017 | 15:01 WIB | Ferial

EBTKE-- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) cq Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) menyusun Rancangan Standardisasi Nasional Indonesia (RSNI) untuk Tungku Sehat Hemat Energi (TSHE).

Direktur Bioenergi, Sudjoko Harsono Adi mengatakan program THSE merupakan wujud kerjasama Pemerintah Indonesia c.q. Ditjen EBTKE dan World Bank dalam Program Clean Stove Initiative (CSI).

"Program CSI secara bertahap memperkenalkan tungku sehat dan hemat energi berbahan bakar biomassa kepada keluarga di Indonesia yang masih menggunakan tungku tradisional, meningkatkan akses masyarakat pada TSHE dan mendorong pengembangan TSHE yang memenuhi standar uji dengan mengembangkan lab uji tungku skala nasional,"kata dia dalam sambutan pembuka dalam Acara Peresmian Laboratorium Uji TSHE, di Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (P3TKEBTKE) di Gunung Sindur, Bogor, Rabu, 26 April 2017.

Kerjasama tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya kematian dini di Indonesia yang terkait dengan polusi rumah tangga yang disebabkan oleh asap yang mengandung racun dari pembakaran biomassa tradisional yang mencapai 165.000 jiwa setiap tahunnya. Diperkirakan sekitar 40 persen dari 60 juta lebih rumah tangga atau sekitar 24,5 juta keluarga di Indonesia masih sangat tergantung pada bahan bakar biomassa tradisional untuk memasak.

Sudjoko menjelaskan, dalam perjalanannya program CSI telah melakukan berbagai kegiatan yang meliputi peningkatan kapasitas sumber daya manusia, sosialisasi dan promosi, Call for Market Aggregator, penyusunan Masterplan, dan pembangunan Laboratorium Uji TSHE.

"Beberapa capaian Program CSI antara lain sebanyak 7.174 TSHE telah terjual kepada masyarakat di ketiga daerah percontohan dan terdapat 16 TSHE yang telah lolos uji dan berhak untuk mendapatkan insentif dari Bank BRI setelah terjual kepada masyarakat,"tambahnya.

Pencapaian lain, lanjut Sudjoko, terdapat 10 Market Aggregator yang saat ini masih aktif melakukan promosi hingga pemasaran TSHE di ketiga wilayah percontohan, Masterplan Program Nasional TSHE dalam tahap finalisasi. "Masterplan ini berisi tentang latar belakang, metodologi penyusunan, kondisi pengembangan TSHE saat ini, strategi pengembangan TSHE ke depannya, indikator target capaian, serta peta jalan (roadmap) pengembangan TSHE yang diharapkan dapat memenuhi target dari berbagai aspek serta dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk upscaling Pilot Project Program CSI menjadi Program Nasional sehingga berdampak panjang untuk keberlangsungan Program pengembangan TSHE skala Nasional,"ujarnya.

Pencapaian terakhir, menurut Sudjoko, pembangunan dan instalasi Laboratorium Uji TSHE skala Nasional telah selesai. "Laboratorium Uji TSHE ini dibangun sebagai langkah awal dalam penyusunan standardisasi dan sertifikasi nasional untuk tungku biomassa yang sehat dan hemat energi. Pengujian TSHE diperlukan guna mendefinisikan teknologi tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat,"pungkasnya.


Contact Center