Lebih Dari 1600 Warga Sulawesi Kini Nikmati Terangnya Lampu

Jumat, 8 Februari 2019 | 11:10 WIB | Humas EBTKE

SOPPENG - Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) kembali menyerahkan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) menggunakan anggaran tahun 2018. Berlokasi di Desa Bulue, Kecamatan Lalabata, Soppeng, secara simbolis diserahkan sebanyak 1617 unit LTSHE yang tersebar di di Provinsi Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan, pada Kamis (7/2).

Kabupaten Soppeng menjadi wilayah penerima terbanyak LTSHE yang diserahkan Pemerintah kemarin, dengan total LTSHE sebanyak 555 unit, yang dipasang di tiga desa. Serah terima dilaksanakan oleh Anggota Unsur Pemangku Kepentingan (AUPK) Dewan Energi Nasional (DEN) Syamsir Abduh, Inspektur I Kementerian ESDM Halim Wardana dan Kepala  Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian ESDM Bambang Utoro. Syamsir berpesan kepada masyarakat untuk merawat dan memelihara lampu yang sudah diberikan agar memberikan manfaat yang optimal dalam mendukung produktivitas pada malam hari. "

Nusang, warga Desa Bulue, salah seorang penerima LTSHE  Kabupaten Sopeng mengungkapkan kegembiraan karena  kehadiran lampu penerangan, yang dapat membantu aktivitasnya dimalam hari. "Kami sungguh senang punya lampu sekarang. Dari dulu kami menggunakan pelita untuk memasak, ibadah, dan anak-anak belajar. Paginya hidung kami hitam karena asap. Kini kami bisa aktivitas seperti siang karena ada lampu," tutur Nusang.

Selain Soppeng, kabupaten penerima LTSHE untuk Provinsi Sulawesi Selatan adalah Kabupaten Maros 12 unit, Kabupaten Toraja Utara 475 unit, Kabupaten Luwu Utara 136 unit, dan Kabupaten Wajo 40 unit. Total LTSHE yang dibagikan di Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 1.218 unit, tersebar di 10 desa.

Pada kesempatan yang sama, secara simbolis diserahkan pula LTSHE untuk Provinsi Sulawesi Barat yang dilaksanakan oleh Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan, Hendra Iswahyudi sebanyak 389 unit.  LTSHE Provinsi Sulawesi Barat dibagikan secara tersebar di empat desa, yaitu Desa Saludurian, Desa  Salumaka, Desa Pamoseang,  dan Desa Salubanua. Turut hadir pada serah terima tersebut Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Politik, Hukum, Keamanan, dan Antar Lembaga, Irjen Pol (Purn) Widyo Sunaryo dan Anggota Komisi VII DPR RI Andi Yuliani Paris. (RWS)


Contact Center