Seminar Kajian Teknis dan Uji Jalan B20

Wednesday, 24 September 2014 | 09:05 WIB | Ferial

EBTKE--Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral bekerja sama dengan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB mengadakan seminar Kajian Teknis dan Uji Pemanfaatan Biodiesel (B20) di Kampus ITB, Bandung, Selasa, 23 September 2014.

Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana saat memberikan sambutan pembuka mengatakan dilakukannya acara ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menjalan program B20. "Ini sebagai bukti keseriusan yang kami tunjukan kepada stakeholder ,"kata dia.

Selain itu, sambung Rida, dengan diadakannya seminar dan uji teknis ini diharapkan ada rekomendasi teknis yang bisa diberikan oleh para ahli kepada pemerintah selaku pembuat kebijakan. "Uji teknis ini bukan untuk mempermasalahkan kebijakannya, tetapi apa yang harus diubah dari teknis permesinannya,"jelasnya.

Dia mengakui setiap program baru pasti terdapat kelebihan dan kekurangan namun pemerintah optimis para ahli memiliki senjata-senjata yang dapat memitigasi atau meminimalisasi kekurangan tersebut."Kelebihannya program ini dapat mengurangi emsi namun katanya kekuatan kendaraan berkurang, tapi pasti dari sisi teknis para ahli-nya tahu hal-hal yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak negatif program ini apalagi nanti kita akan terus beranjak sampai program B30,"tutur Rida.

Rida menjelaskan, untuk mempersiapkan implementasi Mandatori BBN, B20 pada tahun 2016, Ditjen EBTKE dan Balitbang ESDM, bekerja sama dengan BPPT, PT. Pertamina (Persero), Aprobi, Gaikindo, Hino, Aspindo, IKABI dan Hinabi melaksanakan Uji Jalan Pemanfaatan B20, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Kajian Teknis dan Uji Pemanfaatan BBN (B20) pada Kendaraan Bermotor dan Alat Berat. Peresmian/ launching kegiatan ini telah dilaksanakan oleh Menteri ESDM pada tanggal 17 Juli 2014 di Kementerian ESDM, Jakarta.

Uji jalan pemanfaatan B20 ini melintasi 3 (tiga) provinsi yaitu, DKI Jakarta-Banten-Jawa Barat. Sampai saat ini telah berhasil ditempuh jarak sekitar 20.000 km dari target 40.000 km. Berbagai uji yang juga dilakukan, yaitu rating komponen, uji emisi, uji pelumas, uji sifat fisika dan kimia bahan bakar dan uji kinerja kendaraan. Kebijakan pemanfaatan B20 ini selain bermanfaat bagi kendaraan, peralatan berat juga bagi masyarakat.

 

 


Contact Center