PLN Teken Pengembangan PLTA Batang Toru

Kamis, 16 Oktober 2014 | 15:33 WIB | Ferial

EBTKE-- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN persero) melakukan meneken kesepakatan pengembangan dan pembangunan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Batang Toru.

Kesepakatan ini ditandatangani dalam bentuk Head of Agreement (HoA) antara Direktur PLN Murtaqi Syamsuddin, Direktur PLN Bagiyo Riawan dan Direktur Utama Dharma Hydro Nusantara, Anton Sugiono.

PLN menggandeng pihak swasta untuk membangun PLTA Batang Toru dengan daya sekitar 500 MW dan akan difungsikan sebagai pemikul beban puncak listrik (peaker) di Sumatera Utara.

Pengembangan PLTA Batang Toru dimaksudkan untuk penyediaan tenaga listrik di sistem Sumatera Utara sebagaimana dimanatkan dalam RUPTL PLN 2013-2022, PLN memerlukan penambahan kapasitas pembangkit untuk dapat memenuhi kebutuhan tenaga listrik dan pemikul beban puncak di sistem Sumatera Bagian Utara.

Proyek ini merupakan proyek yang tidak mensyaratkan adanya jaminan dari Pemerintah melalui Surat Jaminan Kelayakan Usaha / SJKU (Business Viability Guarantee Letter / BVGL).

Pendanaan proyek, selain dari ekuitas dari Konsorsium juga akan didukung oleh lembaga perbankan Goldman Sachs (Asia) L.L.C. untuk komitmen dalam hal pendanaan proyek.


Contact Center