Presiden Resmikan PLTP Kamojang Unit 5

Minggu, 5 Juli 2015 | 13:32 WIB | Ferial

EBTKE- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meresmikan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Kamojang dengan kapasitas 1x35 megawatt (MW).

Peresmian dilakukan di wilayah kerja panas bumi (WKP) Kamojang, Garut, Jawa Barat, Minggu, 05 Juli 2015.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri dari kabinet kerja antara lain Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE KESDM, Yunus Saefulhak.

PLTP Kamojang Unit 5 telah beroperasi secara komersial dengan mengalirkan listrik kepada PT PLN (Persero) pada 29 Juni 2015 pukul 00.00 WIB.Proyek ini menjadi salah satu milestone penting Pertamina untuk masuk ke era bisnis total project panas bumi, di mana Pertamina menggarap panas bumi dari uap hingga menjadi listrik.

PLTP Kamojang Unit 5 dibangun oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak perusahaan Pertamina yang membidangi usaha panas bumi, sejak September 2013 dengan menggandeng konsorsium PT Rekayasa Industri dan Sumitomo sebagai pelaksana Engineering Procurement and Construction (EPC). PLTP Kamojang Unit 5 dirancang berkapasitas 35 MW dengan nilai investasi sekitar US$104 juta.

 

 

 


Contact Center