Bayar Pajak Sama Dengan Bela Negara

Senin, 28 Maret 2016 | 15:05 WIB | Nicko Yoga Permana

EBTKE--Kewajiban membayar pajak merupakan bagian dari sumbangsih masyarakat dalam pembangunan bangsa. membayar pajak untuk keberlanjutan pembangunan merupakan ikhtiar dari bela negara, demikian ditegaskan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said usai acara Pengisian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak secara daring (e-filling), Senin 28 Maret 2015 di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta.

"Saya ingin mengutip pernyataan dari Satria Utama, pajak itu bagian dari bela negara, karena dengan pajak keuangan negara kita menjadi lebih kuat dan dengan kekuatan keuangan negara kita bisa memenuhi seluruh kebutuhan atau sebagian besar kebutuhan dari masyarakat," ujar Sudirman.

Dengan keuangan negara yang kuat maka pertumbuhan ekonomi sebagai sesuatu yang bisa diharapkan mempunyai multiplier effect dapat dilanjutkan secara berkesinambungan, lanjut Sudirman.

Selanjutnya Sudirman mengingatkan, sebagai pelayan publik baik para pemimpin maupun staf disamping kita harus memenuhi kewajiban kita juga harus memberikan contoh kepada masyarakat luas.”Memenuhi kewajiban pajak itu bagian dari ihktiar kita membela negara,” kata Sudirman.

Sementara itu Direktur Penyuluhan, Pelayananan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Direktorat Jenderal Pajak, Mekar Satria Utama menyatakan, Direktorat Jenderal Pajak mengapresiasi Kementerian ESDM, karena baru sekarang kegiatan pengisian SPT Tahunan ini dilakukan bersama-sama seluruh Eselon I dan II untuk melaporkan perpajakannya, sehingga betul-betul terkontrol perpajakannya. “Ini salah satu contoh pelaksanaan dan bukti kita melaksanakan bela negara dan harapannya ini dapat menjadi dorongan bagi masyarakat bahwa kewajiban perpajakan itu bisa dilaksanakan dimana saja, di setiap tempat,” ujar Satria.

Sumber : Siaran Pers KESDM


Contact Center