Tahun Ini, 10 Kota Dipasang PJU LED

Kamis, 28 April 2016 | 10:20 WIB | Ferial

EBTKE-- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) cq Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) akan kembangkan penerangan jalan umum (PJU) dengan menggunakan lampu LED di sepuluh kota tahun ini.

Direktur Konservasi Energi, Farida Zed mengatakan pada tahun lalu juga pihaknya telah membangun PJU berbasis lampu LED di beberapa kota yaitu Bandung, Batam, Semarang dan Nusa Tenggara Timur (NTT). "Tahun ini kami akan bangun di 10 lokasi dari Aceh hingga Papua dan berencana menambah lagi karena tingginya minat daerah untuk memperkenalkan PJU ini,"kata dia di Gedung Kementerian ESDM, Rabu petang, 27 April 2016.

Saat ini, lanjut Farida, hampir seluruh kabupaten telah mengajukan untuk pengembangan PJU LED kepada  pemerintah pusat. "Kita hanya mmeberikan contoh saja misal 1-3 provinsi diberikan kemudian pihak yang diberikan bisa menshare pengalamannya, pemanfaatannya ke daerah atau kabupaten lain,"papar dia.

Farida mengatakan tidak ada ruginya mengganti PJU lampu konvensional dengan PJU berbasis LED pasalnya penghematan yang bisa diperoleh sangat signifikan. "Sebagai contoh Pemda DKI tagihan listrik PJU sebulan bisa Rp50 miliar, kalau mengganti dengan LED bisa menghemat 60 persen, ini akan menyehatkan keuangan Pemda karena bisa merealokasikan anggarannya,"papar dia.

Pengembangan PJU LED ini merupakan bagian dari Gerakan Potong 10 persen hingga tiga tahun kedepan sama dengan menghemat pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) baru. Menghemat 10 persen lebih mudah dilakukan daripada membangun sumber energi baru sebesar 10 persen atau setara 3,5 Gigawatt (Gw) yang membutuhkan dana sekitar Rp 43 triliun.

 


Contact Center