Hari Pertambangan Momentum Mengembangkan Inovasi

Selasa, 4 Oktober 2016 | 13:50 WIB | Ferial

EBTKE-- Plt Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Luhut Binsar Pandjaitan memimpin upacara Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi yang ke-71 di Gedung Kementerian ESDM, Selasa, 04 Oktober 2016. Sejatinya HUT pertambangan jatuh pada 28 September.

HUT kali ini mengusung tema “Dengan Semangat Hari Jadi Pertambangan dan Energi Kita Tingkatkan Kerja Nyata Melalui Inovasi”.

Hari Jadi Pertambangan dan Energi tanggal 28 September ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2008 tentang Hari Pertambangan dan Energi. Penetapan tersebut untuk menghormati jasa pahlawan nasional Arie Frederick Lasut dan teman-teman yang telah berjuang mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia di bidang pertambangan dan energi.

Dalam kesempatan tersebut, nampak hadir mantan Menteri ESDM Subroto, kemudian Darwin Zahedy Saleh, Sudirman Said dan Arcandra Tahar. Nampak hadir pula mantan Wakil Menteri ESDM era Jero Wacik, Susilo Siswoutomo.

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan peningkatan kerja nyata sektor ESDM melalui inovasi diangkat menjadi tema utama, mengingat inovasi menjadi andalan bagi kemajuan perekonomian bangsa. “Saya yakin, selama ini kita telah melakukan berbagai inovasi dan saya sangat mengapresiasi hal tersebut. Inovasi itu tidak boleh berhenti, perlu terus dikembangkan untuk mendorong perbaikan secara berkelanjutan," kata dia.

Dia memaparkan, bahwa selama beberapa tahun belakangan ini, Kementerian ESDM telah melakukan pembenahan untuk perbaikan tata-kelola sektor ESDM. Hal ini ditunjukkan dengan semakin tertatanya penganggaran dari tahun ke tahun, sehingga dapat menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.

Mengakhiri sambutannya, Luhut mengingatkan kepada seluruh pejabat, staf, dan para pemangku kepentingan yang hadir, bahwa peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi harus menjadi momentum untuk bersama-sama mengembangkan inovasi. Hal ini penting untuk menggerakkan sektor ESDM ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ini harus menjadi momentum untuk memperbaiki diri. Para pendahulu kita telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemajuan sektor ESDM. Perjuangan mereka harus menjadi cermin agar kita dapat berbuat lebih baik lagi untuk kebanggaan sektor ESDM di masa yang akan datang.” pungkasnya.


Contact Center