WKP Ciremai Mampu Terangi 42.300 Rumah

Kamis, 20 Oktober 2016 | 14:43 WIB | Ferial

EBTKE-- Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Ciremai akan mampu menerangi sekitar 42.300 rumah penduduk.

Direktur Panas Bumi Yunus Saefulhak mengatakan WKP tersebut terletak di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka memiliki potensi 150 megawatt (MW) dan akan dikembangkan sebesar 55MW.

“WKP Gunung Ciremai direncanakan untuk dikembangkan sebesar 55 MW atau setara dengan kemampuan untuk menerangi sekitar 42.300 rumah penduduk dan diharapkan dapat berproduksi tahun 2025”,kata Yunus dalam acara Sosialisasi Pengembangan WKP Gunung Ciremai di Kuningan, Jawa Barat, Kamis, 20 Oktober 2016.

Tahun ini, lanjutnya, pemerintah pusat sedang melaksanakan pelelangan WKP Gunung Ciremai untuk mendapatkan pengembang panas bumi yang kompeten, professional, berkualitas, dan berdaya guna terhadap kemajuan pemanfaatan energi panas bumi untuk pemanfaatan tidak langsung berupa energi listrik bagi Provinsi Jawa Barat, khususnya untuk Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

“Pemerintah sangat berharap dengan adanya kegiatan pengusahaan panas bumi di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka terutama di sekitar WKP Gunung Ciremai ini dapat menumbuhkan kondisi ekonomi di masyarakat sekitar proyek”, pungkas Yunus.

Acara Sosialisasi dibuka oleh Bupati Kuningan Acep Purnama dan Direktur Panas Bumi Yunus Saefulhak. Turut hadir seluruh jajaran Muspida Kabupaten Kuningan, Ketua DPRD Kabupaten Kunungan, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kabupaten Kuningan, para Kepala Badan, Kepala Dinas, Camat dan tokoh masyarakat di Kabupaten Kuningan, dan perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) se-Kabupaten Kuningan. (Ledy Anindya)


Contact Center