GGTC Ajang Bagi Ilmu Bidang Panas Bumi Ke Lingkungan Kampus

Rabu, 12 April 2017 | 11:53 WIB | Ferial

EBTKE-- Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE)-Direktorat Panas Bumi kembali menyelenggarakan kegiatan Geothermal Goes To Campus (GGTC) pada Rabu, 12 April 2017 di Universitas Hassanuddin (UNHAS), Gowa, Sulawesi Selatan.

Masih dengan tema yang sama dengan GGTC pertama di Universitas Padjadjaran, Bandung, yaitu Link and Match, GGTC ke-2 bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa mengenai pengetahuan dasar panas bumi hingga aplikasinya di dunia industri yang disampaikan oleh tenaga ahli yang bekerja di perusahaan pengembang panas bumi.

GGTC ke-2 ini bertempat di Gedung Centre of Student Activities (CSA) UNHAS dengan materi Geothermal System, Geothermal SamplingChemistry, Geothermal Drilling dan Geothermal Power Plant dan peserta adalah mahasiswa Teknik Geologi, Teknik Mesin, dan Teknik Elektro.

Berbeda dengan GGTC pertama, kali ini Ditjen EBTKE menghadirkan pembicara ekspatriat dari PT Thermocem yaitu Elisabeth Easley yang menyampaikan materi Geothermal Sampling-Chemistry. Mendatangkan Tenaga Kerja Asing (TKA) merupakan salah satu komitmen penting yang harus dijalankan oleh perusahaan sektor panas bumi di Indonesia. TKA tidak hanya melakukan transfer knowledge kepada TKI pendamping di perusahaan tersebut namun juga harus membagi ilmu pengetahuan dan kemampuannya kepada mahasiswa.

Pemateri lain pada GGTC ke-2 adalah yaitu Mamay Surmayadi dari Badan Geologi dengan materi Geothermal System, Hadi Permana dari PT Halliburton Logging Service Indonesia dengan materi Geothermal Drilling dan Manda Wijaya Kusumah dari PT Pertamina Geothermal Energy dengan materi Geothermal Power Plant.

Pada kesempatan kali ini pun dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Ditjen EBTKE dengan Fakultas Teknik UNHAS yang ditandatangani oleh Dekan Fakultas Teknik UNHAS, Wahyu H. Piarah dan Direktur Panas Bumi, Yunus Saefulhak yang diwakilkan oleh Kasubdit Investasi dan Kerjasama, Bintara. Perjanjian Kerja Sama yang berlaku selama 2 tahun ini mengatur mengenai pelaksanaan guest lecture di UNHAS. (RWS)


Contact Center