Pembangunan dan Pemerataan Infrastruktur Adalah Keharusan

Rabu, 8 November 2017 | 11:25 WIB | Rakhma Wardani

Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ikut berperan dalam agenda pameran Indonesia Infrastructure Week 2017 di Jakarta Convention Center. Dalam booth pameran, Kementerian ESDM menghadirkan hasil-hasil capaian yang telah diraih Kementerian ESDM dalam melayani masyarakat Indonesia pada sektor energi.

Dalam sambutan pembukaan acara Indonesia Infrastructure Summit 2017 Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menyampaikan bahwa kenapa pembangunan infrastruktur harus dilaksanakan? Jawabnya adalah untuk menciptakan pekerjaan, menjadi multiplayer effect, dan mendorong sektor lain ikut tumbuh. Yang pada akhirnya akan menjadi pertumbuhan ekonomi.

Bambang mempertegas posisi Pemerintah, dimana Pemerintah yang sekarang adalah pemerintah yang tidak memikirkan pada masa pemerintahannya sendiri. Tetapi ada dengan program dan kebijakan yang dibuat untuk mendukung pemerintah selanjutnya. Pembangunan yang saat ini dilakukan tidak dapat langsung dinikmati sekarang juga, akan tetapi nanti beberapa tahun ke depan. Dengan adanya infrastruktur yang layak maka secara global akan meningkatkan daya saing Indonesia di kancah global, tutup Bambang.

Kementerian ESDM terus melakukan percepatan pembangunan infrastruktur energi untuk meningkatkan akses masyarakat dalam mendapatkan energi dengan harga yang terjangkau secara merata dan berkelanjutan untuk mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Energi berkeadilan inilah yang menjadi semangat Pemerintah Indonesia dengan mengoptimalkan potensi sumber daya energi setempat sehingga didapatkan harga yang terjangkau masyarakat.

Subsektor Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi juga telah melakukan pembangunan infrastruktur yang langsung menyentuh masyarakat di daerah 3 T (Terluar, Terisolir dan Terbelakang). (BW)

 


Contact Center