Gagas Pengembangan Ekonomi Pedesaan Berbasis EBT, Perusahaan Indonesia Ini Raih Energy Globe Awards 2020

Jumat, 4 September 2020 | 17:05 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 270.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 4 September 2020

Gagas Pengembangan Ekonomi Pedesaan Berbasis EBT, Perusahaan Indonesia Ini Raih Energy Globe Awards 2020

Indonesia berhasil meraih penghargaan internasional Energy Globe Award 2020 melalui PT Inovasi Dinamika Pratama, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan. Keberhasilan ini tak lepas dari program yang diusung oleh perusahaan tersebut dalam mengembangkan ekonomi pedesaan berkelanjutan (sustainable rural economic) yang berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT).

Apresiasi bergengsi ini tak lepas dari langkah PT Inovasi Dinamika Pratama yang memberikan layanan infrastruktur berbasis EBT kepada 50 komunitas pedesaan di daerah terpencil di Indonesia pada tahun 2021. Upaya ini bisa memperbaiki kualitas perekonomian masyarakat setempat.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan dukungan terhadap pencapaian prestasi perusahaan tersebut. "Kami mengapresiasi upaya berbagai pihak, termasuk PT Inovasi Pratama dalam mendukung kebijakan pemerintah mempercepat pengembangan EBT dan rasio elektrifikasi," kata Agung di Jakarta, Jumat (4/9).

Pemerintah, sambung Agung, sangat terbuka kepada para stakeholder yang membantu merealisasikan capaian target bauran EBT sebesar 23% di tahun 2023 dan rasio elektrifikasi 100% di akhir 2020. "Semoga ini prestasi PT Inovasi bisa menjadi penyemangat kami dan masyarakat dalam mengoptimalkan EBT sebagai sumber energi di masa mendatang, terlebih bagi wilayah-wilayah yang selama ini belum teraliri listrik," ungkapnya.

Sementara itu, perusahaan yang digagas oleh Andre Susanto pada tahun 2016 ini telah menjalankan lima proyek yang berfokus pada penerapan smart microgrid di tiga sekolah terpencil dan pompa air bertenaga surya di salah satu desa terpencil. Selain itu, masyarakat setempat juga dilatih untuk mengoperasikan minigrid solar fotovoltaik PV.

Model pemberdayaan yang dikembangakan PT Inovasi Dinamika Pratama melalui pendekatan kebutuhan riil komunitas. "Melalui teknologi berbasis EBT diproyeksikan dapat menggairahkan kegiatan perekonomian masyarakat setempat dari peningkatan pendapatan harian berbasis komunitas," dikutip di laman resmi Energy Globe Award.

Langkah ini sekaligus mendukung upaya Pemerintah dalam mempercepat program kelistrikan di 2.500 desa terpencil yang masih memiliki keterbatasan akses listrik yang handal disertai biaya energi yang mahal. "Inovasi melakukan identifikasi lebih dari 500 desa terpencil sebelum menggarap proyek," jelas Energy Globe.

Teknologi berbasis EBT menjadi sasaran bagi PT Inovasi Dinamika Pratama untuk mengubah gaya hidup masyarakat wilayah terpencil. "Memberdayakan masyarakat melalui teknologi inovatif adalah salah satu cara untuk memastikan bahwa mereka terus menggunakan teknologi sebagai bagian dari kebiasaan baru. Pertumbuhan berkelanjutan akan mendorong masyarakat untuk terus menggunakan teknologi yang kami terapkan," jelas PT Inovasi Dinamika Pratama dalam laman resminya.

Sebagai informasi, penghargaan International Globe Award dipelopori oleh Wolfgang Neumann asal Austrian tahun 1999 dan menjadi salah satu penghargaan lingkungan paling bergengsi saat ini. Penghargaan ini diperuntukkan bagi proyek - proyek yang berkelanjutan (sustainable) yang berhasil diimplementasikan di masyarakat.

Tercatat selama 20 tahun kurang lebih 20.000 proyek yang disubmit untuk mendapatkan apresiasi dari Energy Globe Award. Partisipan penghargaan pada tahun 2020 sendiri diikuti oleh 187 negara. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center