Komitmen Core Values BerAKHLAK Mendorong Pelayanan Kementerian ESDM

Tuesday, 26 July 2022 | 17:55 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 277.Pers/04/SJI/2022

Tanggal: 26 Juli 2022

Komitmen Core Values BerAKHLAK Mendorong Pelayanan Kementerian ESDM

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syaharial mengungkapkan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian ESDM agar dapat memahami dan menerapkan 7 nilai dasar core values "BerAKHLAK" dan employer branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa". Tujuh nilai dasar tersebut meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Komitmen Core Values BerAKHLAK telah dilaksanakan sehingga mendorong kualitas dan percepatan pelayanan Kementerian ESDM

"Segeralah sesuaikan perilaku kita dengan Core Values BerAKHLAK. Lakukan Sosialisasi, Internalisasi, Adaptasi, dan Performansi atau SIAP berkelanjutan," kata Ego usai Pencanangan dan Deklarasi Komitmen Core Values BerAKHLAK di Gedung Pusat Arsip Kementerian ESDM, Tangerang Selatan pada Minggu (25/7).

Ego menjelaskan, Core Values berAKHLAK dan employer branding Bangga Melayani Bangsa telah dicanangkan oleh Presiden RI sejak tanggal 27 Juli 2021. Nilai-nilai tersebut berlaku bagi seluruh ASN di Kementerian/Lembaga dan daerah.

Untuk menumbuhkan BerAKHLAK menjadi pondasi yang kuat dan membudaya di lingkungan kerja kita, sambung Ego, Kementerian ESDM telah menyelesaikan penyusunan Buku Budaya Kerja KESDM, sebagai panduan mengembangkan core values BerAKHLAK sebagai Budaya Kerja,"Contoh perilaku sudah disusun pada Buku Budaya Kerja, segera kita semua sesuaikan perilaku kita dengan butir-butir contoh perilaku BerAKHLAK," jelasnya.

Menurut Ego, dalam melaksanakan dua pilar tersebut, cara berpikir yang harus dilakukan seluruh pegawai Kementerian ESDM adalah bagaimana dapat melakukan kinerja dengan baik dan belajar dengan keras untuk meningkatkan kapasitasnya. "Ke depan, akan sangat berpengaruh pada karir dan tunjangan kita. Saat dilakukan penilaian kinerja, usahakan perilaku kita sesuai dengan core values BerAKHLAK," ungkapnya.

Pembenahan internal organisasi menjadi salah satu fokus yang tengah digarap Kementerian ESDM. Penyederhanaan birokrasi, transformasi kelembagaan, dan perbaikan kualitas manajemen kinerja terus ditingkatkan untuk mencapai tujuan dan sasaran strategis dengan berorientasi hasil (outcome) dan terdapat penjenjangan kinerja (cascading). "Ini dapat dibuktikan dengan Nilai SAKIP terus membaik dari tahun ke tahun," tutur Ego.

Pada acara tersebut, Sekjen Ego menekankan upaya penataan sistem kerja di Kementerian ESDM menghasilkan indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan kategori baik (2,99) dari maksimal 5,00, indeks Arsip Kementerian ESDM dengan kategori sangat memuaskan (93,23), penggunaan aplikasi pegawai, pelatihan online, persuratan dinas dan perjalanan dinas yang terintegrasi, dan penggunaan aplikasi perizinan online ESDM yang telah terintegrasi dengan data SDA, operasional, produksi, pemasaran/penjualan setiap jenis energi dan mineral.

Di samping itu, transformasi sumber daya manusia di lingkungan Kementerian ESDM juga terbukti memberikan hasil positif dengan memperoleh beberapa penghargaan, antara lain BKN award selama 4 tahun berturut-turut, menerima anugerah Meritokrasi dengan kategori sangat baik, dan menerima penilaian LHKPN dan e-LHKPN terbaik. "Raihan penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi kepada para pengelola kepegawaian unit untuk memberikan pelayanan administrasi kepegawaian lebih baik lagi," sambut Ego.

Proses panjang dari tata kelola ini juga menghasilkan penyederhanaan deregulasi, dari 186 menjadi hanya 96 regulasi, perolehan WTP 6 kali berturut-turut hasil tata kelola keuangan dan barang milik negara (BMN). "Bidang komunikasi kita menjadi kementerien terpopuler di medsos dan yang terbaik dalam pengelolaan humas," Ego menambahkan.

Di akhir sambutan, Ego berpesan agar seluruh pegawai melakukan kolaborasi bersama untuk mengimplementasikan core values BerAKHLAK sebagai budaya kerja baru. "Ayo bersama-sama menjadi change leader dengan tidak hanya menjadi role model, tapi harus menjadi guardian core values BerAKHLAK," ajak Ego.

Sebagai informasi, penandatanganan komitmen dan deklarasi Core Values BerAKHLAK dihadiri sekitar 700 pegawai dan seluruh pimpinan di lingkungan biro/pusat Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM beserta pimpinan perwakilan unit kerja. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama 

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center