Sudirman Said Duduki Posisi MESDM

Senin, 27 Oktober 2014 | 08:03 WIB | Ferial

EBTKE-- Presiden Republik Indonesia terpilih, Joko Widodo menunjuk Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Pengumunan Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla dilakukan di Istana Negara, Minggu, 26 Oktober 2014 petang.

Sudirman saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Pindad dan sebelumnya menjabat sebagai sebagai Wakil Direktur PT Petrosea.

“ESDM adalah sektor yang sangat besar, dan saya titipkan sektor yang sangat strategis ini kepada Sudirman Said. Sudirman Said adalah seorang manajerial yang handal, aktivis anti korupsi, pernah sebagai Direktur Eksekutif Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI) dan saat ini adalah Direktur Utama PT Pindad,” ujar Joko Widodo.

Menurut dia, proses pemilihan penetapan Menteri tersebut dilakukan dengan hati-hati dan cermat, pasalnya Menteri terpilih tersebut akan bekerja selama lima tahun. "Kita ingin mendapatkan orang-orang yang terpilih, orang-orang yang bersih, sehingga kita mengkonsultasikan kepada KPK dan PPATK karena kita ingin akurat, karena kita ingin tepat, dan kita semua tentunya percaya kepada KPK dan PPATK, yang kita pilih, selain kemampuan dibidangnya juga mempunyai operasional leadership yang baik”,pungkasnya.

Sebelum menjabat Menteri ESDM, Sudirman Said sempat menduduki beberapa jabatan, Beliau diangkat menjadi Dirut Pindad 4 Juni 2014, sebelumnya Wakil Presiden Direktur PT Petrosea Tbk. S

Selain itu juga, menjabat sebagai Group Chief of Human Capital and Corporate Services di PT Indika Energy Tbk, setelah menyelesaikan tugasnya sebagai Direktur Human Capital di Petrosea (2009-2010). Posisi lain yang pernah didudukinya adalah Executive Director Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) CEO Summit 2013. Pada tahun 2005, beliau terlibat dalam Rekonstruksi Pasca Tsunami untuk Aceh dan Nias selama tiga (3) tahun, sebagai Deputi Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) Aceh-Nias, Bidang Pengembangan Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia.

Sebelum kembali bergabung dengan Indika Energy Group, beliau terlibat dalam Transformasi PT Pertamina (Persero), dengan tugas melakukan pembenahan fungsi Sekretaris Perusahaan (2008), dan Supply Chain Management (2008-2009). Alumni dari Universitas George Washington ini memperoleh gelar MBA dengan konsentrasi Human Resource Management dan Organizational Development. Beliau juga memperoleh gelar Akuntan beregister dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Saat ini, beliau duduk sebagai Dewan Pengurus Nasional, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

 

 

 

 


Contact Center