Asia Pimpin Kemajuan Energi Terbarukan

Kamis, 18 Juni 2015 | 12:49 WIB | Ferial

EBTKE--Bank Dunia menyatakan negara-negara di kawasan Asia termasuk yang membuat kontribusi penting guna memimpin dalam meraih sasaran energi terbarukan secara global, tetapi masih dibutuhkan langkah perbaikan lebih lanjut untuk efisiensi energi.

Bank Dunia dalam siaran pers nya , Kamis, 18 Juni 2015, melaporkan "Progress Toward Sustainable Energy”: Global Tracking Framework 2015 menelusuri kemajuan dunia dalam mencapai sasaran antara lain energi berkelanjutan yang dapat terakses untuk semua orang.

Berdasarkan laporan tersebut, kinerja Asia dalam memperluas energi terbarukan seperti dari tenaga solar, angin, dan geotermal sangatlah kuat.

Secara global, konsumsi energi terbarukan modern adalah sekitar 4 persen per tahun pada periode 2010-2012, sementara Asia dapat mencapai sekitar 8 persen per tahun.

Selain itu, Asia juga bergerak cepat dalam memperluas akses listrik kepada populasinya dengan rata-rata kemajuan 0,9 persen per tahun, di atas rata-rata global 0,6 persen per tahun.

Namun, kemajuan Asia untuk mengurangi intensitas energi dalam perekonomiannya atau efisiensi energi hanya 1,3 persen per tahun, tertinggal dibandingkan rata-rata global sebesar 1,7 persen per tahun.


Contact Center