Voluntary Flight Bioavtur Gunakan Pesawat Boeing

Senin, 16 November 2015 | 13:21 WIB | Nicko Yoga Permana

EBTKE-- Voluntary flight (penerbangan sukarela) penggunaan bioavtur pada pesawat akan dilakukan tahun depan dengan rute bandara Soekarno - Hatta menuju bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Ini menyusul akan dimulainya implementasi mandatori pencampuran bahan bakar nabati (BBN) B-20 termasuk ke avtur untuk pesawat terbang pada 2016. "Pesawat yang akan digunakan untuk uji coba adalah boeing,"kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana di Jakarta, akhir pekan lalu.

Rida menjelaskan, saat ini telah dibentuk Aviation Biofuel & Renewable Energy Task Force (ABRETF) yang bertujuan mendorong pemanfaatan bioavtur pada pesawat udara dan pemanfaatan energi baru terbarukan pada bandar udara. "Sebelum implementasi B-20 dimulai Januari 2016 telah dilakukan kegiatan uji jalan kendaraan dengan pemanfaatan biodiesel 20 persen di jalan lintas Sumatera,"tambahnya.

Sedangkan untuk tahun ini, menurut dia, dari dimulainya percepatan mandatori biofuel B-15 yang dimulai sejak April 2015 sampai September 2015 capaian mandatori 958.976 kiloliter (KL) yang ditetapkan 1,7 juta KL diakhir tahun 2015.

"Apabila target mandatori tercapai maka penghematan devisa yang dapat diraih sebesar US$0,71 miliar atau sekitar Rp9,61 triliun, manfaat lain dapat meningkatkan kualitas lingkungan dengan adanya pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 2,5 juta ton karbon,"pungkas Rida.

 


Contact Center