11 Provinsi Dibidik Untuk Menghemat Penggunaan Listrik

Kamis, 28 April 2016 | 13:18 WIB | Ferial

EBTKE-- Pemerintan bidik 11 (sebelas) Provinsi dengan konsumsi listrik tertinggi untuk dapat diterapkan penghematan dalam program potong 10 persen.

"11 Provinsi akan menjadi fokus kita untuk dapat menghasilkan penghematan yang cukup signifikan,"kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Sudirman Said di Jakarta, Kamis, 28 April 2016.

Sudirman menjelaskan, 11 Provinsi tersebut diantaranya Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, kemudian Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara, lalu Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Bali, Riau dan Lampung. "Fokus kita di wilayah paling besar serapan industri dan bisnis seperti Pulau Jawa dan Sumatera,"ujarnya.

Pelaksanaan potong 10 persen ini, lanjut Sudirman, potensi penghematannya setara dengan pembangunan 3,2 gigawatt (GW) pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) baru senilai Rp43,2 triliun. "Yang sudah cukup intensitasnya, sudah maju listriknya kita dorong penghematan sedangkan untuk Indonesia timur yang belum terlistriki kita dorong percepatan. Ini seperti dua sisi mata uang, yang satu kita dorong berhemat, sedangkan satunya didorong untuk percepatan,"papar dia.

Menurut dia, dengan demikian usaha pemerintah dalam melistriki seluruh desa dengan program Indonesia Terang (PIT) kepada 2.527.469 kepala keluarga (KK) bisa terealisasi dengan mudah dan sukses. "Rasio elektrifikasi nasional juga bisa hingga 100 persen,"pungkas Sudirman.

 

 

 

 

 


Contact Center