Langkah-Langkah 3M

Senin, 2 Mei 2016 | 11:41 WIB | Ferial

EBTKE – Rangkaian Program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah yang pertama telah selesai diselenggarakan. Adapun Banda Aceh merupakan kota pertama untuk penyelenggaraan kegiatan Program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah pada tahun ini.

Acara tersebut di selenggarakan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, dengan tema “Aku Hemat Energi, Kini dan Nanti”.

Arif Heru Kuncoro, Kasubdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM, menyatakan bahwa penggunaan energi listrik di Indonesia masih tergolong boros, sehingga konservasi Energi menjadi hal yang harus dilakukan sejak dini.

“Kegiatan penghematan energi adalah kegiatan yang mudah dan menyenangkan yang dapat kita lakukan sehari-hari baik di rumah maupun di lingkungan sekolah. Contoh yang umum terjadi antara lain kita sering lupa mematikan lampu jika sudah tidak diperlukan, bahkan kadang di siang haripun lampu masih menyala, padahal tidak dibutuhkan.”, ujarnya.

Menurut Arif, untuk itulah pada hari ini Kementerian ESDM mengajak anak-anak dari seluruh masyarakat, khususnya para generasi muda untuk bersama-sama merubah perilaku kita dalam menggunakan energi dengan menerapkan langkah-langkah sederhana yaitu dengan melakukan upaya 3M, yaitu Mematikan lampu dan peralatan listrik lainnya jika tidak digunakan, Mencabut kabel power listrik jika peralatannya sudah dimatikan powernya; dan Mengatur suhu AC di ruangan menjadi 25ºC. (NB)

 


Contact Center