Aliran Listrik LTSHE Untuk Pemerataan Kesejahteraan Dan Pembangunan Perekonomian

Rabu, 12 April 2017 | 15:18 WIB | Ferial

EBTKE--Pemerintah Upayakan Pemerataan Energi Untuk Warga Pegunungan Bintang.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana menyerahkan bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada saat seremonial Peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Pegunungan Bintang Ke-XIV Rabu, 12 April 2017.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang, saat ini masih ada 8.500 rumah tangga di 107 kampung yang sama sekali belum mendapatkan pelayanan listrik atau tergolong gelap gulita. Hal ini menjadi perhatian serius dari Pemerintah, dan untuk mewujudkan Nawacita Bapak Presiden dan Wakil Presiden, khususnya butir ke-3, Kementerian ESDM melaksanakan program Pemasangan LTSHE atau lebih dikenal dengan Lampu Super Ekstra Hemat Energi (SEHEN) pada tahun 2017-2018. "Program ini merupakan upaya Pemerintah dalam membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka NKRI, yang akhirnya menuju pada pemerataan kesejahteraan", kata Rida dalam sambutannya.

LTSHE terdiri dari 4 (empat) buat lampu LED dan 1 (satu) charger USB dan dibagikan secara gratis kepada warga untuk kemudian dipasang pada masing-masing rumah warga. Saat ini telah diserahkan 6 (enam) paket LTSHE kepada Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang. Selanjutnya dalam waktu dekat akan diserahkan sekitar 8000 paket LTSHE untuk memenuhi pemerataan listrik warga di wilayah tersebut.

Khusus di wilayah Pegunungan Bintang, saat ini sedang dibangun pula PLTM dengan kapasitas 1 MW di Oksibil dengan dana APBN Kementerian ESDM. Pembangunan PLTM tersebut telah dimulai sejak tahun lalu dan diharapkan dapat selesai pada tahun 2018, sehingga listrik yang dihasilkan dari PLTM ini dapat segera disalurkan ke rumah-rumah warga. Pada kesempatan ini Rida Mulyana melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan infrastruktur energi di daerah Iwur bersama Bupati Pegunungan Bintang, Constan Oktemka, yang turut hadir pada acara ini.  Sebelumnya, sejak tahun 2012 hingga sampai dengan saat ini Kementerian ESDM telah membangun 4 unit PLTS Terpusat dengan total kapasitas 110 kW.

Dengan bantuan penyerahan LTSHE, Pemerintah berharap pengembangan perekonomian khususnya energi di Kabupaten Bintang dapat berjalan lebih cepat. "Kami menitipkan agar infrastruktur-infrastruktur yang telah dan akan dibangun di Pegunungan Bintang dapat dikelola dan dipelihara oleh Pemerintah Daerah agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama", tambah Rida. (RWS)


Contact Center